HUBUNGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA DAN KREATIVITAS MAHASISWA TEHNIK GEOLOGI UNIVERSITES OTTOW GEISSLER PAPUA

CUT MAULINA, TIURLINA SIREGAR

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan yang positi dan signifikan antara pendekatan inkuiri terbimbing melalui metode  eksperimen terhadap kreativitas mahasiswa  Program Studi Teknik Geologi Universitas Ottow Geissler Papua dengan Jumlah Sampel 15 Orang Pengambilan data dilakukan dengan angket dan soal essay . metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan uji korelasi sederhana. Dari hasil penelitian yang telah penulis lalkukan diketahui bahwa ada hubungan yang positi  dan signifikan antara pendekatan inkuiri terbimbing melalui metode eksperimen terhadap penguasaan konsep kimia dengan nilai rhitung 0,9111 > rtabel 0,514; nilai thitung 7,9713 > 2,160; nilai rb 0,9532 > rtabel 0,532 yang berarti reabel; dengan nilai X2hitung 13,4524 < X2tabel 23,685 yang berarti data berdistribusi normal. Dan ada hubungan yang positi antar pendekatan inkuiri terbimbing  melalui metode eksperimen terhadap kreativitas mahasiswa Program Studi Teknik Geologi Universitas Ottow Geissler Papua dengan nilai rhitung 0,1240 < rtabel 0,514; nilai t hitung 0,4533 < 2,160; nilai rb 0,2206 < rtabel 0,532 yang berarti tidak reabel; dengan nilai X2hitung 3,6856 < X2tabel 23,685 yang berarti data tidak berdistribusi normal.                                                                                                            

.Kata Kunci : Inkuiri terbimbing, metode eksperimen, penguasaan konsep, kreativitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v2i3.344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA