PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), CORPORATE IMAGE, DAN KEPUTUSAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH

Authors

  • Ahmad Faqihudin
  • Meinarni Asnawi
  • Bill J.C Pangayow

DOI:

https://doi.org/10.52062/jakd.v15i1.1466

Abstract

This study aims to examine the influence of corporate social responsibility (CSR) implementation, corporate image, and customer satisfaction, on customer loyalty. Variables independent were used in
this study namely Corporate Social Responsibility (CSR), corporate image, and customer satisfaction., as well as one dependent variable of customer loyalty. Customers of PT Bank Rakyat Indonesia Jayapura are used as the population in this study. The convenience sampling with a sample of 30 respondents is the technique of sampling method in this
study. This study uses a double linear regression analysis to analyses data. The analysis tool used is SPSS version 23. The results of this research demonstrate the implementation of Corporate Social Responsibility (CSR) has positively and significantly affects customer loyalty. Corporate Image has a positive and significant impact on customer loyalty. And customer satisfaction has a positive but does no
significant impact on customer loyalty.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.B. Susanto, (2009), Reputation-Driven Corporate Social Responsibility, Jakarta: Esensi.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmojo, Agung Purwo. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah dan Atribut Produk

Islam terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada BNI Syariah Cabang semarang). Skripsi.

Dipublikasikan (Online). Semarang: Universitas Diponegoro, Fakultas Ekonomi, Jurusan

Manajemen. (http://eprints.undip.ac.id/26399/1 /skirpsi_komplit.pdf, Diakses 12 Mei 2015).

Badroen, Faisal, et al. 2006. Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Kencana

Bank Rakyat Indonesia, (2014), CSR BRI, (http://csr.bri.co.id/tentang/)

Bawono, Anton. 2006. Multivariate Analysis Dengan SPSS. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS

Regresi. Semarang: Badan Penerbit Undip, edisi ke-7.

Griffin, Jill. Tanpa Tahun. Costumer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan

Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. 2005. Jakarta: Erlangga

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Husein, Umar. 2003. Metode Penelitian untuk skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Gramedia

Pustaka Utama, hlm.114.

Khaeril, dkk. 2012. Pengaruh Kualitas Layanan, Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap

Corporate Image serta Implikasinya terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah di

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Makasar. Jurnal UNHAS, (Online),

(http://pasca.unhas.ac.id/ jurnal/files/b3b1daf1d96c9d1f3454a0478ef87480.pdf, diakses 14

Desember 2014).

Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Krismanto, Adi. 2009. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah (Studi Kasus

pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Semarang Pattimura). Tesis. Dipublikasikan

(Online). Semarang: Universitas Diponogoro, Program Studi Magister Manajemen.

(http://eprints.undip.ac.id/16154/1/Adi_Krismanto.pdf, diakses 12 Mei 2015).

Muhadjirl dan Gita Fitri Q. 2011. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility terhadap

Presepsi Nasabah Bank dan Dampaknya terhadap Corporate Image. Journal the Winners,

(Online), Vol. 12, No. 2, 180-195, (http://library.binus.ac.id/eColls/eJournal/06%20-

%20Muhadjir.pdf, diakses 16 Mei 2015).

Nifita, Ade Titi., 2010. Pengaruh Citra BCA terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan BCA Cabang

Jambi. Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, (Online), ISSN: 2085-0972, Vol. 2, No. 2,

58-169, (http://online.journal.unja.ac.id/index.php/pemasaran/article/view/128/111, diakses

Desember 2014).

Prasetya, Fanny Eka. 2010. Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility Lifebuoy Berbagi

Sehat terhadap Loyalitas Konsumen dan Citra Perusahaan Unilever Indonesia (Studi

Kasus di Kota Bogor). Skripsi. Dipublikasikan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Putro, Rizki F. K. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan

Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Pemediasi (Studi pada Pelanggan Fixed-Wire Phone

di Surakarta). Skripsi. Dipublikasikan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, Jurusan

Manajemn, Fakultas Ekonomi. (http://core.ac.uk/download/ pdf/12351975.pdf, diakses 22

Juli 2015).

Rahmasari, Deviana. 2012. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility terhadap Loyalitas

Nasabah dengan Citra Perbankan dan Sikap Nasabah sebagai Variabel Intervening (Kasus

pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Abang Bantul). Skripsi. Dipublikasikan.

Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi,

(http://eprints.uny.ac.id/8677/, diakses 7 Desember 2014).

Rohmah, As‟adatur. 2013. Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Loyalitas

Nasabah LKI Buana Kartika Mranggen. Skripsi. Dipublikasikan. Semarang: Institut Agama

Jurnal Akuntansi & Keuangan Daerah Volume 15, Nomor 1, Mei 2020: 67–76

Islam Negeri Walisongo, Jurusan Ekonomi Islam, Fakultas Syari‟ah,

(http://eprints.walisongo.ac. id/1794/, diakses 22 Oktober 2014).

Saputra, Falla Ilhami 2013. Kualitas Layanan, Kepercayaan, Komitmen dan Promosi Melalui

Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Bank BNI 46 Sentra Kredit Kecil Surabaya).

Jurnal Aplikasi Manajemen, (Online), Vol. 11 No. 3 hal 445-457

(http://download.portalgaruda.org/article.php?artice=25421 7&val=6848, diakses 14 Febuari

.

Saputri, Nurmaya. 201 0. Analisis Corporate Social Responsibility sebagai Pembentuk Citra

Perusahaan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan PT Fast Food Indonesia di Kota

Semarang. Skripsi. Dipublikasikan (Online). Semarang: Universitas Diponogoro, Fakultas

Ekonomi. (http://eprints.undip.ac.id/22462/, diakses 12 Desember 2015).

Sari, Syariah dkk. 2011. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Kepuasan

Nasabah dan Loyalitas Nasabah pada PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk Makasar. Jurnal

UNHAS, (Online), (http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/8e4149edc45cd57dc.pdf, diakses 14

Desember 2014).

Sekaran, Umar. 2006. Research Methods for Business (Metodologi Penelitian untuk Bisnis).

Jakarta: Salaemba Empat.

Seravina, Marisa. 2008. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap

Loyalitas Nasabah Tabungan Britama (Studi Kasus pada Nasabah PT. Bank Rakyat

Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor). Skripsi. Dipublikasikan. Bogor: Institut Pertanian

Bogor, Fakultas Ekonomi dan Manajemen,

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta, hlm. 7.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutisna. 2001. Perilaku dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Suwandi, Imam Mulyana Dwi. 2011. Citra Perusahaan. Seri Manajemen Pemasaran, www.eimam.uni.acc, (https://oeconomicus.files.wordpress. com/2007/07/citra-perusahaan.pdf,

diakases 21 Mei 2015).

Usi, Usmara. 2008. Pemikiran KreatifPemasaran. Yogyakarta: Amara Books, hlm.122.

Wahyuni, Isti. 2008. Pengaruh Sistem Pelayanan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah BMT

Mitra Usaha Mulia Tempel Sleman. Skripsi. Dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas

Negeri Yogyakarta, Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah, (http://digilib.uinsuka.ac.id/1591/1 /BAB%20I%20BAB%20IV%20DAFTAR%20PUST AKA.pdf, diakses 17

Desember 2014).

Widjaja, Gunawan dan Yeremia Ardi Pratama. 2008. Risiko Hukum&Bisnis Perusahaan Tanpa CSR.

Jakarta: Forum Sahabat.

Wibisono, Yusuf. 2007. Membedah Konsep & Aplikasi CSR Corporate Social

Responsibility. Gresik: Fascho Publishing

Additional Files

Published

2020-12-13

How to Cite

Faqihudin, A., Asnawi, M., & Pangayow, B. J. (2020). PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), CORPORATE IMAGE, DAN KEPUTUSAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH. JURNAL AKUNTANSI DAN KEUANGAN DAERAH, 15(1), 67–76. https://doi.org/10.52062/jakd.v15i1.1466

Issue

Section

Artikel