FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAYANAN PUBLIK DALAM SISTIM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN ASMAT

Authors

  • HOTMAN TOMAN SIRINGORINGO PROGRAM PASCASARJANA, UNIVERSITAS CENDERAWASIH
  • AKBAR SILO PROGRAM PASCASARJANA, UNIVERSITAS CENDERAWASIH
  • AGUSTINA IVONNE POLI PROGRAM PASCASARJANA, UNIVERSITAS CENDERAWASIH

DOI:

https://doi.org/10.31957/japp.v1i1%20Feb.2742

Abstract

ABSTRAK
Perubahan sistim pelayanan pada era globalisasi sangat terasa dan banyak mengalami perubahan. Pelayanan berbasis aplikasi telah mengubah pelayanan dari pelayanan manual menjadi pelayan berbasis teknonologi. Secara khusus pelayanan kepegawaian yang semula secara manual tetapi kini telah berbasis Simpeg (sistim informasi manajemen kepegawaian). Simpeg memberikan kemudahan dalam pelayanan kepegawaian. Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui pengamatan dan wawancara utntuk mengetahui secara langsung bagaimana penerapan simpeg dalam pelayanan kepegawaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi simpeg Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Asmat secara umum telah berjalan dengan baik. Pelayanan simpeg dapat dilihat dari dimensi transparansi, akuntabilitas, kondisional, kesamaan hak, keseimbangan Hak dan Kewajiban. Penerapan simpeg dalam pelayanan kepegawaian dapat memotivasi sehingga memberikan kemudahan akses data. Melalui akses data akan memberikan motivasi pelayanan sehingga dapat meningkatkan kinerja ASN. Untuk menjaga stabilitas pelayanan dan kinerja diharapkan simpeg dapat mengikuti perkembangan zaman kemajuan zaman.

Kata kunci: Kualitas meningkatkan motivasi dan Kinerja

ABSTRACT
Changes in the service system in the era of globalization are felt and have undergone many changes. Application-based services have changed services from manual services to technology-based services. In particular, the personnel service, which was originally manual, has now been based on Simpeg (employment management information system). Simpeg provides convenience in personnel services. The research was conducted with a qualitative approach through observation and interviews to find out firsthand how SIMPEG is applied in personnel services. The results of the study indicate that the factors that affect the Civil Service and Human Resources Development Agency of Asmat Regency in general have been running well. Simpeg services can be seen from the dimensions of transparency, accountability, conditionality, equality of rights, balance of rights and obligations. The application of simpeg in personnel services can motivate so as to provide easy access to data. Through data access will provide service motivation so that it can improve ASN performance. To maintain service stability and performance, it is hoped that Simpeg can keep up with the times.

Keywords: Quality increases motivation and performance

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

AKBAR SILO, PROGRAM PASCASARJANA, UNIVERSITAS CENDERAWASIH

PEMBIMBING I

AGUSTINA IVONNE POLI, PROGRAM PASCASARJANA, UNIVERSITAS CENDERAWASIH

PEMBIMBING II

References

Harihayati, T., & Widianti, U. D. (2017). Model Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Di PT. XYZ. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 5(1), 1-2.

Ibrahim, W. H., & Maita, I. (2017). Sistem Informasi Pelayanan Publik Berbasis Web Pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 17-22.

Noor, Jalianyah. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana

Pasolong. Harbani. 2008. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Prastowo, Andi. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam dalam Sinambela. Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Supranto, J. (1994). Metodologi Penelitian: Aplikasinya dalamPemasaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelalayanan Publik.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63 Tahun 2003 Tentang Pelayanan Umum

Downloads

Published

2022-02-07

How to Cite

SIRINGORINGO, H. T., SILO, A., & POLI, A. I. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAYANAN PUBLIK DALAM SISTIM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN ASMAT. Jurnal Administrasi Publik Papua, 1(1 Feb), 83–92. https://doi.org/10.31957/japp.v1i1 Feb.2742

Issue

Section

Articles