IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI ASMAT NOMOR 42 TAHUN 2017 DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN ASMAT
DOI:
https://doi.org/10.31957/japp.v1i2%20Jun.2754Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Peraturan Bupati Asmat Nomor 42 Tahun 2017 tentang Uraian Tugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Asmat dalam upaya meningkatkan kinerja pegawai. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tahap reduksi data, tampilan data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Asmat yang belum optimal, dilihat dari tugas pokok dan fungsi pegawai yang hanya dapat dikerjakan oleh beberapa individu dan pegawai kurang memadai dari segi kualitas dan kuantitas. Upaya peningkatan kinerja pegawai melalui Implementasi Peraturan Bupati Asmat Nomor 42 Tahun 2017 didukung oleh tambahan penghasilan sebagai bentuk penghargaan bagi pegawai yang dapat meningkatkan disiplin, motivasi, kinerja dan kesejahteraan pegawai.
Kata Kunci: Implementasi Peraturan, Tugas Pokok dan Fungsi, Kinerja Pegawai.
ABSTRACT
This study aims to analyze the implementation of the Asmat Regent's Regulation Number 42 of 2017 concerning the Job Description of the Asmat Regency Public Works and Spatial Planning Office in an effort to improve employee performance. This type of research is descriptive with a qualitative approach. Data collection techniques were carried out through interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data display, conclusion, and verification stages. The results of the study indicate that the performance of the Public Works Service Office of Asmat Regency is not optimal, seen from the main tasks and functions of employees which can only be done by a few individuals, and employees are inadequate in terms of quality and quantity. Efforts to improve employee performance through the implementation of Asmat Regent Regulation Number 42 of 2017 are supported by additional income as a form of appreciation for employees who can improve employee discipline, motivation, performance, and welfare.
Keywords: Implementation of Regulation, Main Tasks and Functions, Employee Performance.
Downloads
References
Akhmad, Z., & Akhmad, A. (2022). Upaya Peningkatan Kinerja Aparatur Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Gowa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 2(2), 71–79.
Bernardin, H. J., & Beatty, R. W. (1984). Performance Appraisal: Assessing Human Behavior at Work. Kent Publishing Company.
Dewirahmadanirwati, D., & Dasril, D. (2021). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.36057/jips.v5i1.453
Dunn, W. N. (2018). Public Policy Analysis: An Integrated Approach (6th ed.). Routledge.
Edwards III, G. C. (1980). Implementing Public Policy. Congressional Quarterly Press.
Erwin, Usman, S., & Ibrahim, M. M. (2020). IMPLEMENTASI TUGAS POKOK DAN FUNGSI PENGAWAS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU MADRASAH ALIYAH SE-KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE. Jurnal Idaarah, 4(2), 256–266.
Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., Donnelly, J. H., & Konopaske, R. (2012). Organizations: Behavior, Structure, Processes (14th ed.). McGraw-Hill.
Grindle, M. S. (1980). Politics and Policy Implementation in the Third World. Princeton University Press.
Kane, J. S. (1986). Performance distribution assessment. Dalam R. A. Berk (Ed.), Performance Assessment (hlm. 237–273). Johns Hopkins University Press. http://psycnet.apa.org/record/1987-97104-009
Kane, J. S., John, H. B., & Wiatrowski, M. (1995). Performance appraisal. Dalam N. Brewer & C. Wilson (Ed.), Psychology and Policing. Lawrence Erlbaum Associates.
Karnadi, K., & Ediyanto, E. (2022). Pengaruh Sistem Informasi Sumber Daya Manusia, Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Situbondo. Growth, 19(2), 125. https://doi.org/10.36841/growth-journal.v19i2.1602
Listiana, L. (2021). Analisis Disiplin Kerja Dan Kontroling Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk. Otonomi, 21(2), 355. https://doi.org/10.32503/otonomi.v21i2.2062
Lune, H., & Berg, B. L. (2017). Qualitative Research Methods for the Social Sciences. Pearson Education.
Manengkey, Y. K., Ismail, I., & Nurkaidah, N. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Pada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 3(1), 49–56. https://doi.org/10.35965/jpan.v3i1.598
Masrifah, I. (2021). Pengaruh etos kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai (Studi pada pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kota Bekasi). Aliansi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 31–42. https://doi.org/10.46975/aliansi.v16i1.83
Mazmanian, D. A., & Sabatier, P. A. (1983). Implementation and Public Policy: With a New Postscript. University Press of America.
Nugroho, R. (2014). Public Policy (5th ed.). Elex Media Komputindo.
Nur, Z. A., Hastuti, H., & Isalman, I. (2020). Pengaruh Motivasi, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kota Kendari. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(2). https://doi.org/10.55598/jmk.v12i2.14023
Parsons, W. (1995). Public policy: An introduction to the theory and practice of policy analysis. Edward Elgar.
Priansa, D. J. (2018). Perencanaan & Pengembangan SDM (Cetakan Ketiga). Alfabeta.
Quade, E. S. (1984). Analysis for Public Decisions. Elsevier.
Ripley, R. B., & Franklin, G. A. (1986). Policy implementation and bureaucracy. Brooks/Cole.
Sulistiyani, A. T., & Rosidah. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia: Pendekatan Teoretik dan Praktik untuk Organisasi Publik. Graha Ilmu.
Suprianto, Riwanto, A., & Firdaus, S. U. (2019). Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah Terhadap Efektivitas Kinerja Pegawai Sekretariat Daerah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Di Kabupaten Ngawi. Jurnal Hukum Dan Pembangunan Ekonomi, 7(1), 134. https://doi.org/10.20961/hpe.v7i1.29206
Van Meter, D. S., & van Horn, C. E. (1975). The Policy Implementation Process: A Conceptual Framework. Administration & Society, 6(4), 445–488.
Wahab, S. A. (1991). Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan. Bumi Aksara.
Wibawa, S. (1994). Kebijakan Publik. Intermedia.
Wibowo. (2018). Manajemen Kinerja (Edisi Kelima, Cetakan Ke-10). Rajawali Pers.
Widodo, S. E. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pustaka Pelajar.
Yandri, L. I., & Gusriyanto, G. (2019). Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota Pariaman Nomor 8 Tahun 2009 Tentang Uraian Tugas Staf Ahli Walikota Di Lingkungan Sekretariat Kota Pariaman. Menara Ilmu, 13(6).
Yuniarti, S. I., & Dwikurnaningsih, Y. (2022). Implementasi PKG berdasarkan tugas pokok dan fungsi guru. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 5(2), 136–144.