Perbedaan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Tipe Numbered Head Together pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Negeri 1 Nabire

Penulis

  • Tut Hidayatillah Universitas Cenderawasih

Abstrak

This study was conducted with the aim of obtaining answers to the problems that have been formulated, namely to determine the difference in the average mathematics learning outcomes of students who use cooperative learning models of TPS type with NHT type cooperative learning models on number pattern material in class VIII odd semester of SMP Negeri 1 Nabire in the 2018/2019 academic year. This research method uses a method with a quantitative approach with the type of Quasi Experimental design (quasi-experiment). The sample used in the study were students of class VIII.A as many as 31 students and class VIII.B as many as 32 students. Sampling to determine class 1 experiment and class 2 experiment was done by cluster random sampling technique. The results showed that there were differences in the learning outcomes of students who used cooperative learning models of TPS type with NHT type on number pattern material in class VIII odd semester of SMP Negeri 1 Nabire in the 2018/2019 academic year.

 Keyword: Learning Outcomes, TPS, NHT, Number Patterns

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh jawaban masalah yang telah dirumuskan  tersebut, yakni untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengn model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi pola bilangan kelas VIII semeter ganjil SMP Negeri 1 Nabire tahun  pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental design (eksperimen semu). Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII.A sebanyak 31 peserta didik dan kelas VIII.B sebanyak 32 peserta didik. Pengambilan sampel untuk menentukan  kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dilakukan dengan tehnik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan tipe NHT pada materi pola bilangan di kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Nabire tahun pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci: Hasil Belajar, TPS, NHT, Pola Bilangan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Herdian, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Nabire. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 1-10.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta: Sekretariat Negara.

Yuliana, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Tuntang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 1-9.

Diterbitkan

2024-07-08

Terbitan

Bagian

Articles