PENERAPAN METODE DISKUSI MELALUI MEDIA TORSO TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 SORONG

Authors

  • ANITA ELIANA SIBARANI
  • ALFRED ANTOH

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v2i3.342

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode pembelajaran diskusi melalui media torso terhadap keaktian dan hasil belajar biologi di kelas XI IPA SMA Negei 2 Sorong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Quasi Experimental dengan sampel sebanyak 92 orang yang terbagi dalam 2 kelas (Kelas Kontrol dan Eksperimen). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan keaktian dan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode diskusi melalui media torso dengan kelas yang menggunakan metode  konvensional. Untuk perbedaan hasil belajar dibuktikan dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) yang dihasilkan sebesar 0,000 dari uji Mann Whitney U. sedangkan  untuk keaktian belajar dapat dibuktikan dengan presentase keaktifan melalui 5 aspek yang diteliti, yaitu Visual activities sebesar 73,91%, Oralactivities sebesar 71,38%, Listening activities sebesar 61,95%, writing activities sebesar 70,93% dan mental activities sebesar 71,74%                                                                                                           

.Kata Kunci : Metode Diskusi, Media Torso, Keaktifan Belajar dan hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-03

How to Cite

SIBARANI, A. E., & ANTOH, A. (2018). PENERAPAN METODE DISKUSI MELALUI MEDIA TORSO TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 SORONG. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(3), 30–40. https://doi.org/10.31957/jipi.v2i3.342

Issue

Section

Articles

Citation Check