HUBUNGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA DAN KREATIVITAS MAHASISWA TEHNIK GEOLOGI UNIVERSITES OTTOW GEISSLER PAPUA

Authors

  • CUT MAULINA
  • TIURLINA SIREGAR

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v2i3.344

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan yang positi dan signifikan antara pendekatan inkuiri terbimbing melalui metode  eksperimen terhadap kreativitas mahasiswa  Program Studi Teknik Geologi Universitas Ottow Geissler Papua dengan Jumlah Sampel 15 Orang Pengambilan data dilakukan dengan angket dan soal essay . metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan uji korelasi sederhana. Dari hasil penelitian yang telah penulis lalkukan diketahui bahwa ada hubungan yang positi  dan signifikan antara pendekatan inkuiri terbimbing melalui metode eksperimen terhadap penguasaan konsep kimia dengan nilai rhitung 0,9111 > rtabel 0,514; nilai thitung 7,9713 > 2,160; nilai rb 0,9532 > rtabel 0,532 yang berarti reabel; dengan nilai X2hitung 13,4524 < X2tabel 23,685 yang berarti data berdistribusi normal. Dan ada hubungan yang positi antar pendekatan inkuiri terbimbing  melalui metode eksperimen terhadap kreativitas mahasiswa Program Studi Teknik Geologi Universitas Ottow Geissler Papua dengan nilai rhitung 0,1240 < rtabel 0,514; nilai t hitung 0,4533 < 2,160; nilai rb 0,2206 < rtabel 0,532 yang berarti tidak reabel; dengan nilai X2hitung 3,6856 < X2tabel 23,685 yang berarti data tidak berdistribusi normal.                                                                                                            

.Kata Kunci : Inkuiri terbimbing, metode eksperimen, penguasaan konsep, kreativitas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-03

How to Cite

MAULINA, C., & SIREGAR, T. (2018). HUBUNGAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING MELALUI METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA DAN KREATIVITAS MAHASISWA TEHNIK GEOLOGI UNIVERSITES OTTOW GEISSLER PAPUA. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(3), 52–60. https://doi.org/10.31957/jipi.v2i3.344

Issue

Section

Articles

Citation Check