PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN, KETRAMPILAN PROSES, PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI
DOI:
https://doi.org/10.31957/jipi.v8i2.1239Kata Kunci:
Science Module, discovery learning, Process Skills.Abstrak
Unduhan
Referensi
Brigenta, D., 2017. Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep.http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/snpf/article/view/1671/diakses 24 Januari 2019;
Depdiknas, 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Biro Hukum Sekjen Depdiknas, cet.1;
------------, 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional;
------------, 2016. Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Materi Pembelajaran dan Pengembangan Pembelajaran Kontekstual (CTL) Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Kemendiknas;
------------, 2016. Permendiknas Nomor 20, Tahun 2016, Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;
Lestari, R. E., 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Discovery Learning Pada Materi Vektor Peserta Didik Kelas X SMA KPG Khas “Papua†Merauke. Tesis S2 Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Pendidikan IPA Universitas Cenderawasih;
Mulyanto, Masykuri, M. dan Sarwanto. 2017.Pengembangan Modul IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VII Dengan Model Discovery Learning Tema Air Limbah Industri Batik Untuk Meningkatkan keterampilan Proses. Jurnal Inkuiri Vol 6, (2):57-66. http://jurnal.uns.ac.id/inkuiri;
Simon, Basa T Rumahorbo, Johnson Siallagan 2018, Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Minat, dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Di Kelas VIII SMP Negeri 9 Jayapura, Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, Vol 6 No 3, hal 62 – 70;
Sudibyo, E. 2005, Respon Siswa SLTP Khodijah Surabaya terhadap Kegiatan Uji Coba Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2): 88-96;
Sugiyono.2016. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta