PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI MATERI ANIMALIA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Penulis

  • CORNELIA SIPAHELUT SMA Negeri 1 Sentani, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v8i3.1336

Kata Kunci:

Development of Modules, high level thinking, Animalia

Abstrak

This study aims to develop a problem-based biology module to improve higher-order thinking skills in Animalia material. The design used is an equivalent type of pre test post test design. The research sample consisted of 32 students of class X SMA Negeri 1 Sentani who used modules. The results showed that the use of modules can improve high-order thinking skills and the overall average n-Gain is 0.73 with high categories.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ernawati, L. 2017, Pengembangan High Order Thinking (HOT) Melalui Metode Pembelajaran Mind Banking Dalam Pendidikan Agama Islam.PROCEEDINft, 189. diakses melalui http://bit.ly/2k66VLI pada tanggal 2 November 2018;

Ika Lestari, 2013.Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kopetensi. Padang: Akademia Permata;

Andi Prastowo,2012, Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press;

Rusman,2012,Model-Model Pembelajaran, Jakarta : PT.Raja Grasindo Persada;

Setyawati, 2013, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aktif Strategi Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI TAV pada Standar Kompetensi Membuat Rekaman Audio Di Studio di SMK Negri 3 Surabaya. Jurnal. Surabaya: Fakultas Tekhnik Universitas Negri Surabaya.https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/919/680;

Sri Lestari, Tiurlina Siregar dan Jonner Nainggolan, 2019, Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Papua Materi Interaksi Mahluk Hidup Terhadap Lingkungan, Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, Vol 7 (3) 106 – 112;

Sugiyono, 2015, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D, Bandung: Alfabet;

Tiurlina Siregar dan Desry Natalia, 2019, Modul PemBelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit, Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, Vol 7 (1) 6 – 16.

Diterbitkan

2020-10-06

Cara Mengutip

SIPAHELUT, C. (2020). PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI MATERI ANIMALIA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(3), 130–135. https://doi.org/10.31957/jipi.v8i3.1336

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check