DEVELOPMENT OF PAPUA LOCAL WISDOM BASED MATHEMATICS MODULE TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES IN GEOMETRY TRANSFORMATION MATERIALS
DOI:
https://doi.org/10.31957/jipi.v9i3.1803Kata Kunci:
Module Development, Papuan Local Wisdom, Geometry TransformAbstrak
Unduhan
Referensi
Dazrullisa (2018). Pengaruh Pembelajaran Matematika berbasis Kearifan Local Terhadap Minat Belajar Siswa, Genta Mulia ,Vol IX No.2 .h 141 – 149;
Farhatin, N, Pujiastuti, H,Mutaqin, A, (2020). “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal Untuk Siswa Smp Kelas VIII “Prima: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 4, No. 1, Januari 2020, hal. 33-45;
Ikhwanudin, T. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membangun Karakter Bangsa.UNION; Jurnal Pendidikan Matematika UPI Vol 6 No.1 Maret 2018;
Lestari, R. E. dan Virman (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis discovery Learning pada materi vector peserta didik kelasX SMA KPG Khas “Papua“ Merauke;
Mardiana dan Bungkang, Y.(2021). Pengembangan Modul Fisika Berbasis kontekstual materi dinamika partikel : Jayapura, Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia,Vol 9,N0.1 hal 44 – 52 ,Februari 2021;
Rahayu, P.,Rumahorbo, B. T.,Wahyudi, I. (2020). Pengembangan Modul IPA berbasis discovery leaning dalam meningkatkan, keterampilan proses, peserta didik pada materi getaran ,gelombang dan bunyi; Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, Vol 8 No.2 Hal 95 – 102 Juni 2020;
Siregar,S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana Prenada media Group;
Sri Lestari, Siregar, T. dan Nainggolan, J. (2019). Pengembangan Modul IPA terpadu berbasis kearifan lokal Papua materi Interaksi mahluk Hidup dengan Lingkungan pada peserta didik kelas VII SMP Nurul Huda Yapis Jayapura.; jurnal ilmu pendidikan Indonesia vol 7 No. 3 hal. 106 – 1112;
Subiyanto dan Siregar, T.(2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia pada materi Sistem Periodik Unsur Berbasis kearifan Lokal Papua Peserta Didik kelas X SMA Negeri 4 :Jayapura, Jurnal Ilmu Pendidkan Indonesia , Vol 6. No.3,November 2018, hal 71 – 82;
Sugiyono, (2017). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta;
Suhadak, M.(2016). Keefektifan Penggunaan Media berbasis Budaya Papua dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat ditinjau dari prestasi; Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Vol 3 No.4 tahun 2016.