DEVELOPMENT OF CHEMICAL E-MODULES BASED ON PAPUA LOCAL WISDOM ON REDUCTION AND OXIDATION REACTION MATERIALS TO INCREASE STUDENT LEARNING OUTCOMES
DOI:
https://doi.org/10.31957/jipi.v10i3.2409Kata Kunci:
Chemical E-Module, Papuan Local Wisdom, Redox.Abstrak
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta;
Masita. 2012. “Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal Pada Masyarakat Muslim.†Jurnal Studi Masyarakat Islam: 305. (http://ejournal.umm.ac.id/index.php/salam/article/view/1668);
Muchtaridi. (2016). Kimia SMA Kelas X Jakarta : Yudhistira;
Putra, N. (2015). Research & Development Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada;
Lestari. S, Siregar. T.dan dan Nainggolan J (2019). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Papua Materi Interaksi Mahluk HidupTerhadap Lingkungan. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, Vol 7 (3), hal 106-112;
Lhony Laisnima dan Siregar, T (2020), Modul Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engineering And Mathematics (Stem) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Peserta Didik Pada Materi Redoks Dan Sel Elektrolisis, Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol 8(2) hal 84-90;
Siregar,T. (2010), Korosi dan Mekanisme Inhibisi (Studi Polarisasi Linier), Bandung: Logoz;
Siregar, T. (2020). Paradigma Baru Sistem Pendidikan. Bandung : Refika;
Subiyanto, Siregar. T. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Pada Materi Sistem Periodik unsur Berbasis kearifan Lokal Papua Peserta Didik kelas X SMA Negeri 4 Jayapura. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, Vol 6 (3), hal 71-82;
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R and D. Alfabeta;
Sugiyono,(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R and D. Bandung: PT Alfabet.