LSLC-BASED GUIDED DISCOVERY LEARNING MODEL ON LEARNING OUTCOMES OF ELECTROLYTE AND NON-ELECTROLYTE SOLUTIONS
DOI:
https://doi.org/10.31957/jipi.v10i3.2413Kata Kunci:
Electrolyte and Nonelectrolyte Solution, LSLC, Guided Discovery LearningAbstrak
Unduhan
Referensi
Abizar, H. (2017) Buku Master Lesson Study. Yogyakarta: Diva Press;
Dariyatun, T. (2020) ‘Edu research issn: 2302 0792’, 9(1), pp. 54–6;
Gazali, F. and Yusmaita, E. (2018) ‘Analisis Prior Knowledge Konsep Asam Basa Peserta didik Kelas XI SMA untuk Merancang Modul Kimia Berbasis REACT’, JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 2(2), hal. 202. doi:10.24036/jep/vol2-iss2/249;
Haris, M., Yanti, E. and Pendidikan Kimia FKIP Univesritas Mataram, P. (no date) ‘PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 4 MATARAM’;
Hasanah, A. (2019) Tesis. Universitas Negeri Padang;
Hefni, H. (2020) ‘Pembelajaran Pbl Melalui Lesson Study Learning Community ( LSLC ) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sosiologi di STKIP PGRI Sumatera Barat’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), hal. 892–901;
Kodirun, K., Busnawir, B. and Viktor, E.B. (2016) ‘Penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis lesson study dalam upaya peningkatan kemampuan komunikasi matematik peserta didik kelas X MIPA-3 SMA Negeri 5 Kendari’, Pendidikan matematika, 7(2), hal. 93–104;
Kristalia, A. and Yerimadesi, Y. (2021) ‘Efektivitas E-Modul Larutan Elektrolit Dan Non elektrolit Berbasis Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas X’, Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(2), hal. 54. doi:10.23887/jjpk.v5i2.37910;
Meikasari, D., Rosilawati, I. and Tania, L. (2020) ‘Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Kesetimbangan Kimia dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta didik’, 9(2), pp. 66–80. doi:10.23960/jppk.v9.i2.202007;
Muntari et al. (2019) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia Peserta didik Kelas X Sman 4 Mataram’, Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 4(2), hal. 100–105;
Sahal, M.I.N. (2019) ‘Lesson Study Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Di SD Global Surya Bandar Lampung’, Skripsi [Preprint];
Saragih, E.A. (2016) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Peserta didik Kelas X SMA YPP Yos Sudarso Merauke’, Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(1), hal. 16–23;
Smitha, V.P. (2012) Inquiry training model and guided discovery learning for fostering critical thinking and scientific attitude. Kozhikode: Vilavath Publications. Available at: https://books.google.co.id/books?id=D6_eAwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false;
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R and D. Bandung: Alfabeta;
Sundayana, R. (2018) ‘Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik SMP dalam Pelajaran Matematika’, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), hal 75–84. doi:10.31980/mosharafa.v5i2.262;
Suryaningrum, L., Ashadi, A. and Mulyani, B. (2019) ‘Penerapan Model Guided Discovery Learning dengan Bantuan Media Kartu Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia pada Materi Pokok Reaksi Redoks Peserta didik Kelas X MIPA 3 Semester Genap SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017’, Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1), hal. 70. doi:10.20961/jpkim.v8i1.20594;
Widarti, H.R., Safitri, A.F. and Sukarianingsih, D. (2018) ‘Identifikasi Pemahaman Konsep Ikatan Kimia’, J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 3(1), hal. 41–50. doi:10.17977/um026v3i12018p041;
Wildayati, W. and Yerimadesi, Y. (2021) ‘Validitas dan Praktikalitas E-Modul Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA/MA’, Entalpi Pendidikan Kimia, 2(2), hal. 45–54. doi:10.24036/epk.v0i0.143;
Yerimadesi, Y. et al. (2019) ‘Validity and practicality of guided discovery learning models for chemistry learning in senior high school’, in Journal of Physics: Conference Series. Institute of Physics Publishing. doi:10.1088/1742-6596/1317/1/012149;
Yunita, S. (2017) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII SMPN 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa, universitas islam negeri alaudin makasar. Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar. Available at: https://node2.123dok.com/dt03pdf/123dok/001/988/1988745.pdf.pdf?X-Amz-Content-Sha256=UNSIGNED-PAYLOAD&X-Amz-Algorithm=AWS4-HMAC-SHA256&X-Amz-Credential=aa5vJ7sqx6H8Hq4u%2F20220518%2F%2Fs3%2Faws4_request&X-Amz-Date=20220518T232242Z&X-Amz-SignedHeaders=host;
Yunitasari, R. and Hanifah, U. (2020) ‘Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Peserta didik pada Masa COVID 19’, EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(3), pp. 232–243. doi:10.31004/edukatif.v2i3.142.