DEVELOPMENT OF PJBL STEM-BASED PHYSICS E-MODULES IN IMPROVING GENERIC SCIENCE SKILLS OF YPPK TERUNA BAKTI JAYAPURA CLASS X IPA STUDENTS IN THE MATERIAL OF VECTOR ANALYSIS IN PARABOLA MOTION
DOI:
https://doi.org/10.31957/jipi.v11i2.3075Kata Kunci:
Physics E-module, PjBL STEM, Science Generic Skills (KGS), Parabolic MotionAbstrak
Unduhan
Referensi
Afifah, A. N., Ilmayati, N., & Toto. (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Stem Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 73-78;
Ardiansyah, Diella, & Suhendi. (2020). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Bagi GuruIPA. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10 (1), 31-36. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/304 760941.pdf;
Brotosiswoyo, B.S. (2000). “Hakikat Pembelajaran MIPA (Fisika) di Perguruan Tinggiâ€. Jakarta: Proyek Pengembangan Universitas Terbuka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional;
Dalle, J. (2011, 08 22). Detiknews. Diakses dari Demokrasi Mencerdaskan Kehidupan Bangsa: https://news.detik.com/opini/d- 1708000/demokrasi-mencerdaskan-kehidupan-bangsa;
Dewi, S.S.,Pramudya Dwi.A.P.,& Bambang S (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal literasi pendidikan Indonesia, 1-8;
Farahita, M.C.D.,Widha, S.,& Sarwanto (2018). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Masalah Pada Materi Termodinamika Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Inkuiri, 1- 12;
Fransiska P.,Raihanati, & Riser, F (2022). Pengembangan e-modul fisika dengan pendekatan science, technology, engineering, mathematic (STEM) berbasis project based learning (PJBL) pada materi medan magnet. Prosiding seminar nasional fisika;
Laisnima, L., & Siregar, T. (2020). Modul Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Peserta Didik pada Materi Redoks dan Sel Elektrolisis. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 84-90;
Oktavia, B., Zainul, R., Guspatni, & Putra,
A. (2018). Pengenalan Dan Pengembangan E-Modul Bagi Guru- Guru Anggota MGMP Kimia Dan Biologi Kota Padang Panjang. Research Gate, 1-9;
Rahayu, P., Rumahorbo, B., & Wahyudi, I. (2019). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Peserta Didik pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 95-102;
Sendari, A. (2019). Tujuan Kurikulum 2013 di Balik Pro Kontra Penerapannya. Liputan6.com. Diakses dari https://www.liputan6.com/citizen6/re ad/3875318/tujuan-kurikulum-2013- di-balik-pro-kontra-penerapannya;
Siregar, T., & Patimah, S. (2021). Integrated IPA Module Based on Guided Inquiry on Materials Food Additives to Increase Learning Outcomes. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 144-152;
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta;
Zakky. (2018). Tujuan Pendidikan Nasional Menurut Undang Undang, Tap MPRS dan Para Ahli. Zona Referensi llmu Pengetahuan Umum. Diakses dari https://www.zonareferensi.com/tujua n-pendidikan.