DEVELOPMENT OF JAYAWIJAYA LOCAL WISDOM TEACHING MATERIALS TO IMPROVE SCIENCE PROCESS SKILLS
DOI:
https://doi.org/10.31957/jipi.v11i2.3077Kata Kunci:
Science Teaching Materials, Jayawijaya Local Wisdom, Science Process SkillsAbstrak
Unduhan
Referensi
Akani, O. (2015). Levels of possession of science process skills by final year students of colleges of education in south-eastern states of nigeria. Journal of Education and Practice. Vol. 6, No. 27 (pp. 94–102). From https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1077402.pdf ;
Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26 (2), 193–203. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688;
Biro Pusat Statistik. (2020). https://papua.bps.go.id/pressrelease/2019/05/06/424/indeks-pembangunan-manusia--ipm--provinsi-papua-tahun-2018.html;
Dwiyanto, A.N., (2017). Pengunaan media pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Jurnal Pancar, Vol. 1, No. 1 Tahun 2017. Form: https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/19;
Isnaningsih & Bimo, D.S. (2013). Penerapan lembar kegiatan siswa (LKS) discoveryberorientasi keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 2, No. 2 (pp 136-141). From: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2714/2789;
Habib, M. (2020). Meningkatkan hasil belajar tentang suhu dan kalor dengan menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas V SD Negeri Wamena Kabupaten Jayawijaya. Skripsi, Tidak Dipublikasikan. Jayapura: Universitas Cenderawasih;
Koyan, I.W. (2012). Statistik pendidikan teknik analisis data kuantitatif.
Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press;
Nurtanto, M. & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomoto dan Afektif Siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi Vol 5, Nomor 3, November 2015. Hal 354-364. DOI: 10.21831/jpv.v5i3.6489;
Pamungkas, A., Subali, B. & Lunuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa.Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, vol 3 Nomor 2. Hal 118 -127. Doi: http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14562;
Pieter, J. (2016). Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal sebagai Solusi Pembelajaran IPA di Daerah Pedalaman Provinsi Papua. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Cenderawasih. Uncen: Jayapura. https://doi.org/10.5281/zenodo.840857;
Roth, W. M. & Jornet, A. (2013). Situated cognition. Wires Cognitive Science, 4, 463-478.
Suja, I.W., Nurlita, F. & Retug, N. (2009). Pengembangan model pembelajaran kimia berbasis siklus belajar catur pramana. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 42, No. 1, (30-36), from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1729/1515;
Sunaryatin, Siregar. T, Irfan, W. (2022). The Development of E-Modules Based on The Scientific Approach to The Adjustment of Living Creatures to Their Environment. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. Vol 10(2) h 110-117. DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v10i2.2196;
Sukadi. (2013). Belajar dan Pembelajaran PKn SD Sebagai Yadnya dalam Rangka Perwujudan Dharma Agama dan Dharma Negara Berbasis Konstrutivisme. Cakrawala Pendidikan, 32 (2), 196-206. Form : 10.21831/cp.v0i2.1477;
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta;
Suryadarma, I.G.P dkk. (2019). A. Study of Indonesiaâ€s Local Potencies in Science Learning. Mauritius: Lambert Academic Publishing.