PERBEDAAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMA NEGERI I SENTANI

Penulis

  • SELMI YOHANA STEFANIE
  • TIURLINA SIREGAR

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v2i2.338

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan minat belajar pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (2) Perbedaan hasil belajar pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif  tipe jigsaw. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013 SMA Negeri 1 Sentani dengan jumlah 62 orang. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 kelas Kontrol.

Kesimpulan yang dapat dihasilkan dari  penelitian ini adalah (1) ada perbedaan minat belajar pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (2) ada perbedaan hasil belajar pada kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

 

Kata Kunci   :    Tipe Jigsaw, Minat, Hasil Belajar, Kimia    

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-07-02

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check