Perhatian Orang Tua dan Penguasaan Materi Prasyarat Terhadap Belajar Matematika

Penulis

  • Widiyanto Widiyanto SMA Negeri 4 Kota Sorong, Papua Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v7i1.841

Kata Kunci:

Attention of Parents, Mastery of Material, Mathematics

Abstrak

This study aims to study parental attention (X1), mastery of material as a requirement (X2) and jointly with parental attention (X1) and mastery of material related to the suitability of learning outcomes of students of SMAN 4 Kota Sorong (Y). This type of research is quantitative in the form of correlational research. Purposive sampling is a sampling technique used in this study. The results showed that parents' attention and mastery of material had a significant relationship to mathematics learning achievement of Sorong City 4 High School students, namely 63.8% and 47.6%. Together, parental attention and mastery of prerequisite material have a significant influence on mathematics learning achievement of SMAN 4 Sorong City students, amounting to 70.6%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika.

Kukuh. (1999). Kesalahan-Kesalahan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Suci Tegal. SD Angsul I, SD Ampibi I dan SD Naslem III di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. FPMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

Mayis, C. (2005). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa.

Samekto. (1993). Peningkatan Kemampuan Numerik dan Penalaran Sebagai Usaha Perbaikan Kualitas Pengajaran di SMP.

Sapry, E. (2006). Pengaruh penguasaan materi prasyarat dan kemampuan berbahasa terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita pada persamaan linier dengan dua variabel ditinjau dari aktivitas belajar matematika di SMP Negeri 10 Surakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.

Sholihatun, F. (2012). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa kelas VII SMP N 1 Tarub. Skripsi.

Siregar, A. (2004). Penguasaan Materi Prasyarat Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat di Kelas III Negeri 27 Medan Tahun Pelajaran 2003/2004. Universitas Negeri Medan

Sugiyono. (2012) Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Diterbitkan

2019-04-22

Cara Mengutip

Widiyanto, W. (2019). Perhatian Orang Tua dan Penguasaan Materi Prasyarat Terhadap Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 7(1), 45–56. https://doi.org/10.31957/jipi.v7i1.841

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check