Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia

Penulis

  • GOLDA NORA SITUMORANG SMP NEGERI 7 MIMIKA, Indonesia
  • BASA T. RUMAHORBO Magister Pendidikan IPA Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v7i2.973

Kata Kunci:

Peer Tutor, Human Circulatory System

Abstrak

This study aims to determine the differences in models of peer tutors on learning outcomes in the material of the Human Circulatory System. The method used in this study was experimental guasi with a sample of 100 people divided into two classes namely the control and experiment classes. The results of the study revealed that there were differences in learning outcomes between classes using the model of peer learning with conventional learning models this was evidenced by the value of Asymp. a large (2-tailed) value of 0,000 is generated from the T-test and the n-Gain average value uses peer tutors of 0.73 and a high category and those using the conventional learning model 0.34, the medium category

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

GOLDA NORA SITUMORANG, SMP NEGERI 7 MIMIKA

Ilmu Pengetahuan Alam

BASA T. RUMAHORBO, Magister Pendidikan IPA Universitas Cenderawasih

BIOLOGI KELAUTAN

Referensi

Arikunto, suharsimi 2010. Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.

Azimatul. I dan Rusijono. 2010. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar TIK. JurnalTeknologi Pendidikan. Vol.10, No. 2.

Budi pangerti, (2015).Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap motivasi belajar, minat belajar dan hasil belajar matematika kelas XI Ilmu alam MAN Model Sorong. Jayapura: Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia,3(1) 18-27.

Depdiknas. 2005. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Riduwan, 2004, Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung : Alfabeta

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D), Bandung : Alfabeta

Tiurlina Siregar dan Apriani Hujadjulu. (2013). Perbedaan hasil belajar menggunakan pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division dengan tipe Think Pair Share pada materi faktor – faktor yang mempengaruhi laju reaksi di SMA Negeri 4 Jayapura: Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2) 43-52

Diterbitkan

2019-09-18

Cara Mengutip

SITUMORANG, G. N., & RUMAHORBO, B. T. (2019). Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 7(2), 64–71. https://doi.org/10.31957/jipi.v7i2.973

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check