Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Penyesuaian Diri Akademik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Calon Guru Bimbingan dan Konseling

Authors

  • Gabriel Daniel Wiguna Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Cenderawasih, Jl. Uncen, Yabansai, Heram, Kota Jayapura Papua 99224
  • Mikhael Udam Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Cenderawasih, Jl. Uncen, Yabansai, Heram, Kota Jayapura Papua 99224
  • Ahmad Sofyan Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Cenderawasih, Jl. Uncen, Yabansai, Heram, Kota Jayapura Papua 99224

DOI:

https://doi.org/10.31957/cjgce.v1i1.2323

Keywords:

Personality competence, Academic adjustment, Student learning outcomes, Teacher candidates, Guidance and counseling

Abstract

This research aimed to determine the influence of personality competence and academic adjustment on student learning outcome. For the research method, the present research applied quantitative research. The research population involved 101 students of the Guidance and Counseling Study Program of the Faculty of Teacher Training and Education, Cenderawasih University batch 2018, 2019, 2020 and 2021. The results of the study found the influence of personality competence and academic adjustment on student learning outcome where the results of hypothesis testing simultaneously obtained an F-count value of 23.478, F-table 3.09 and a significance value (Sig.) .000 <0.05. Thus, it was concluded that H0 was rejected and H3 was accepted, which meant that the variables of personality competence (X1) and academic adjustment (X2) had a simultaneous influence on student learning outcome (Y). In addition, based on the output value of the summary model, the R Square value was 0.324, which meant that the influence of the variables X1 and X2 simultaneously on Y was 32.4% while the 67.6% was determined by other variables that were not examined in this research

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriana, R. (2018). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Minat Belajar Siswa.

Afsari, E. D. (2018). Pengaruh Sifat Machiavellian, Tipe Kepribadian Dan Stres Kerja Tehadap Perilaku Disfungsional (Studi Empiris pada Kantor Inspektorat di Magelang, Temanggung dan Purworejo) Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Al-Kariimah, G. Q., & Rosiana, D. (2019). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri di Perguruan Tinggi.

Amin, A. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 5(2), 79–85.

Annisa, R., Subali, B., & Heryanto, W. P. (2018). Peningkatan daya ingat dan hasil belajar siswa dengan mind mapping method pada materi listrik dinamis. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 3(1), 19–23.

Arifai, A. (2018). Kompetensi kepribadian guru dalam perspektif pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 27–38.

Arifin, H. S., Fuady, I., & Kuswarno, E. (2017). Analisis faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa terhadap keberadaan perda syariah di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komonikasi Dan Opini Publik, 21(1), 88–101.

Darojah, N. R., & Hadijah, H. S. (2016). Analisis pengaruh kompetensi kepribadian guru dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening terhadap prestasi belajar siswa kelas x administrasi perkantoran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 109.

Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi Aksara. Bumi Aksara.

Fitra, D. M. I. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMPN 02 Seluma [PhD Thesis]. IAIN BENGKULU.

Fitri, R., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara efikasi diri akademik dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa rantau dari Indonesia Bagian Timur di Semarang. Empati, 7(2), 491–501.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 19. Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, P. J. P. (2019). Penyesuaian Diri Dalam Organisasi. MPU PROCURATIO, 1(2 Oktober), 219–225.

Husna, F. M. (2020). Pengaruh kelekatan teman sebaya peer attachment terhadap penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tahun akademik 2019-2020 [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/23331/

Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436

Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Nonexample Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 98–106. https://doi.org/10.30738/jtv.v6i1.2866

Mamesah, T. S., & Kusumiati, R. Y. (2019). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Baru Provinsi NTT yang Merantau di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. PSIKOLOGI KONSELING, 14(1).

Mandoa, F., Saud, H., & Reba, Y. A. (2021). Penyesuaian Diri Akademik Mahasiswa Ditinjau dari Regulasi Emosi dan Self-Esteem. Psychocentrum Review, 3(1), 119–127. https://doi.org/10.26539/pcr.31595

Marpaung, I. M. N., & Wati, C. L. S. (2020). Hubungan Antara Harga Diri, Efikasi Diri Akademik, dan Penyesuaian Diri Terhadap Lingkungan Sekolah Para Siswa Kelas VII di SMP St. Kristoforus 1. Psiko Edukasi, 18(1), 18–31.

Mufti, D. F. (2018). Internalisasi Nilai Nasionalisme Mahasiswa Melalui Organisasi Ekstra Kampus (Deskriptif pada Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesian Cabang Tulungagung). Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.29100/jr.v4i2.1004

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9–16.

Purnama, N. I. (2018). Pengaruh Iklan Terhadap Sikap Konsumen Yamaha Di Perguruan Tinggi Swasta Islam Kota Medan. Universitas Asahan. http://repository.una.ac.id/97/

Riantao, A. S. (2020). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembetukan Akhlak, Kecerdasan Emosional Dan Kedisiplinan Siswa Di Smpn Se-Kecamatan Ngunut Tulungagung [Thesis, IAIN Tulungagung]. https://doi.org/10/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf

Sayuri, T. D., Reba, Y. A., & Saputra, A. A. (2021). Kedisiplinan Belajar Siswa Ditinjau dari Pola Asuh dan Kepedulian Orang Tua. Psychocentrum Review, 3(2), 250–258. https://doi.org/10.26539/pcr.32663

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sulaki, M. J. E., Hamdani, A., & Noor, R. A. M. (2018). Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 212–221. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15190

Tharmizi, T. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa SMP Negeri 20 Bengkulu [Diploma, IAIN BENGKULU]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/3307/

Wahyuni, P. D., Djatmika, E. T., & As’ari, A. R. (2018). Pengaruh Full Day School dan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Hasil Belajar dengan Mediasi Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 679–684.

Widad, K. N. N., & Arjanggi, R. (2021). Hubungan Antara Self Esteem dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNISSULA. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) Klaster Humanoira, 1(1), Article 1. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/17615

Yurnaliza, R., & Andayono, T. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. CIVED, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.24036/cived.v6i4.107046

Published

2022-08-02