Penggunaan Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar

Nadzirun Nadzirun, Andika Ari Saputra, M. Zainal Arifin, Muhamad Agus Mushodiq, Diah Retno Ningsih, Muslimah Muslimah, Hara Permana

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui  penggunaan metode bermain peran, untuk mengetahui hasil  belajar dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap hasil belajar. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu metode bersifat deskriptif kuantitatif (deskriptif research),diantaranya menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi, dan Interview. Penelitian ini sampelnya berjumlah 24 siswa. Kemudian untuk membuktikan kebenaran hipotesis, penulis menganalisa data dengan rumus chi kuadrat. Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan rumus chi kuadrat tersebut dapat diketahui bahwa harga chi kuadrat hitung (x2 hit) sebesar 6,12. Harga chi kuadrat hitung (x2 hit) adalah lebih besar dari harga chi kuadrat tabel (x2 tab) pada taraf signifikan 5% dan lebih kecil pada taraf signifikan 1% atau 5,991<6,12<9,210. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode bermain peran terhadap hasil belajar.


Keywords


guidance and counseling

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.

Bachtiar, W. (1997). Metodologi penelitian ilmu dakwah. Logos.

Blatner, A. (2009). Role playing in education. Disponibile all'indirizzo: http://www. blatner. com/adam/pdntbk/rlplayedu. htm.

Fadilah, L., & Wijaya, A. (2022). PAI Teacher’s Strategy In Developing Student’s Emotional Intelligence. Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 29–47. https://doi.org/10.25217/cie.v1i2.2145

Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of EST, 1(2), 86–101.

Hadi, A. (1998). Haryono. Metodologi Penelitian Pendidikan, 2.

Metode Penelitian: Suatu pendekatan proposal / Mardalis | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (n.d.). Retrieved November 18, 2022, from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=661799

Muhibbin, S. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saputra, A. A., & Astuti, B. (2018). Hubungan Antara Persepsi terhadap Layanan Bimbingan Belajar dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(1).

Saputra, A. A., Saputra, A., & Permatasari, I. (2017). Kompetensi Konselor Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar Kepada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Seminar Nasional Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 2.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing.

Solikah, A. (2014). Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Unggulan: Studi Multi Situs di MI Darul Muta�alimin Patianrowo Nganjuk, MI Muhammadiyah 1 Pare dan SD Katolik Frateran 1 Kota Kediri. Didaktika Religia, 2(1).

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Suharsimi, A. (2006). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Sunarsih, T. (2010). Hubungan antara motivasi belajar, kemandirian belajar dan bimbingan akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa di Stikes A. Yani Yogyakarta [PhD Thesis]. Universitas Sebelas Maret.

Tanjung, Y., Astuti, B., & Arisandi, A. (2019). Influence of Group Guidance with Discussion Techniques on Local Learning Interest. KnE Social Sciences, 377–388.

Wahid, A., Arifin, M. Z., & Adawiyah, R. (2022). Values of Moral Education in The Story of Hijrah Prophet Muhammad SAW. Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 75–88. https://doi.org/10.25217/cie.v2i1.2198

Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 15(1), 1–22.




DOI: https://doi.org/10.31957/cjce.v1i2.2534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andika Ari Saputra, Nadzirun Nadzirun, M. Zainal Arifin, Muhamad Agus Mushodiq, Diah Retno Ningsih, Muslimah Muslimah, Hara Permana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Publisher:
Universitas Cenderawasih

Address: Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling | Jl. Raya Sentani Jayapura, Papua 99358, Indonesia. 
Phone: (+0967) 582 198 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


 Creative Commons License
Cenderawasih Journal of Counseling and Education is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.