Strategi Sukses dalam Pembelajaran Matematika: Metode Think Pair Share

Authors

  • Darswan Darswan SDN Negeri 21 Sanggir Solok Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31957/cjce.v2i1.2565

Keywords:

Hasil Belajar, Think Pair Share

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih rendah, khususnya pada kelas I. Menurut pengamatan peneliti, siswa menerima begitu saja penjelasan dari ceramah guru, siswa cenderung hanya diberi informasi tentang sesuatu, asal menjawab saat diberi pertanyaan, dan siswa kurang mampu menghubungkan materi yang dijelaskan dengan kenyataan pada kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian  siswa kelas I SDN 21 Batu Kadunduang Sanggir berjumlah 25 orang. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan penerapan tipe think pair share di kelas I SDN 21 Batu Kadunduang, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh  hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan penerapan tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aderuslina. 2007. Konsep Dasar Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara

Akhmad Djauzah. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: PT.BMW.

Aziz, Abdul Wahab. 2007. Metode dan Model-model Mengajar. Bandung: Alfabeta

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Dimyati. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud

Kemmis, S dan R. Mc Taggart. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Soendjojo, D., 1990. Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algeansindo

Sudirman. 1987. Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali

Undang–Undang RI No.20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional Dirjen Dikdasmen. Jakarta : Bumi Aksara

Wardhani.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin S, dkk.2006. Mareri Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published

2023-07-26