Strategi Sukses dalam Pembelajaran Matematika: Metode Think Pair Share
DOI:
https://doi.org/10.31957/cjce.v2i1.2565Keywords:
Hasil Belajar, Think Pair ShareAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika masih rendah, khususnya pada kelas I. Menurut pengamatan peneliti, siswa menerima begitu saja penjelasan dari ceramah guru, siswa cenderung hanya diberi informasi tentang sesuatu, asal menjawab saat diberi pertanyaan, dan siswa kurang mampu menghubungkan materi yang dijelaskan dengan kenyataan pada kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas I SDN 21 Batu Kadunduang Sanggir berjumlah 25 orang. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan penerapan tipe think pair share di kelas I SDN 21 Batu Kadunduang, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan penerapan tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswaDownloads
References
Aderuslina. 2007. Konsep Dasar Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara
Akhmad Djauzah. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Penilaian di Sekolah Dasar. Jakarta: PT.BMW.
Aziz, Abdul Wahab. 2007. Metode dan Model-model Mengajar. Bandung: Alfabeta
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Dimyati. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud
Kemmis, S dan R. Mc Taggart. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Soendjojo, D., 1990. Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka
Sudjana, Nana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algeansindo
Sudirman. 1987. Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali
Undang–Undang RI No.20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional Dirjen Dikdasmen. Jakarta : Bumi Aksara
Wardhani.2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Winataputra, Udin S, dkk.2006. Mareri Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors full retain the copyright and publishing rights without restrictions of their published works on Cenderawasih Journal of Counseling and Education under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
In case, the article was jointly prepared by more than single author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy.
The author(s) whose names are listed in their manuscript also declared that they have no conflict of interest and indicate agreement that the all information in their article is true and correct.