Korelasi Kepercayaan Diri dengan Kecerdasan Emosi

Authors

  • Soibah Harahap Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Yulfita Sukma Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Mauli Zaqiah Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Selva Nandini Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Ardimen Ardimen Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Romi Fajar Tanjung Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar https://orcid.org/0000-0002-8444-6549

DOI:

https://doi.org/10.31957/cjce.v1i2.2627

Keywords:

Kepercayaan Diri, Kecerdasan Emosi, Siswa SMA, Soft Skill

Abstract

Kepercayaan diri dan kecerdasan emosi merupakan dua soft skill yang sangat diperlukan untuk mendukung proses kehidupan berjalan dengan baik. Ketidakpercayaan diri akan selalu memunculkan sikap pesimis dan kecerdasan emosi yang rendah akan memperlihatkan sikap dan tindakan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.  Tujuan penelitian ini mengidentifikasi kepercayaan diri dan kecerdasan emosi siswa SMA. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan jenis korelasional. Hasil temuan penelitian ditemukan bahwa kepercayaan diri dan kecerdasan emosi siswa SMA rata-rata berada pada kategori rendah. Kemudian analisis statistik menunjukkan bahwa antara kepercayaan diri dengan kecerdasan emosi terdapat hubungan korelasional yang sangat kuat dengan arah positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrrahman, A., Lubis, S. H., & Sahputra, D. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Efikasi Diri pada Siswa. Edukasi Islam, 10(2), 907–918. https://doi.org/10.30868/ei.v10i02.1737

Amri, S. (2018). Pengaruh Keperyaan Diri (Self Confidence) Berbasis Esktrakulikuler Pramuka terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168.

Apriani, F., & Listiyandini, R. A. (2019). Kecerdasan Emosi sebagai Prediktor Resiliensi Psikologis pada Remaja di Panti Asuhan. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), 325–339. https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2248

Artha, N. M. W. I., & Supriyadi, S. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy dalam Pemecahan Masalah Penyesuaian Diri Remaja Awal. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 190–202.

Bariyyah, K., & Latifah, L. (2019). Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenjang Kelas. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(2), 68–75.

Budiono, B., & Wening, N. (2021). Dampak Kecerdasan Emosi terhadap Kualitas Pengambilan Keputusan Pemimpin dan Efektivitas Sekolah di Indonesia. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(1), 59–66.

Fauziah. (2015). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Bimbingan Konseling UIN Ar-Raniry. Jurnal Ilmiah Edukasi, 1(1), 90–98.

Firdaus, D. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 19(2), 243–255.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 4(1), 1–5.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gitosaroso, M. (2012). Kecerdasan Emosi (Emotional Intelligence) dalam Tasawuf. Jurnal Khatulistiwa, 2(2), 182–200.

Goleman, D. (2017). Emotional Intelligence Working with Emotional Intelligence (Terjemahan). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hasmayni, B. (2014). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Diri Remaja. Jurnal Analitika, 6(2), 98–104.

Herkinda, D., & Sulian, I. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Kemampuan Bersosialisasi Siswa di Lingkungan Sekolah Kelas VII SMP Negeri 03 Mukomuko. Jurnal Ilmiah BK, 1(3), 50–58.

Lestari, D. P., Sofah, R., & Putri, R. M. (2019). Tingkat Kecerdasan Emosi Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 11–20.

Lubis, R. H., Lubis, L., & Aziz, A. A. A. (2015). Hubungan antara Dukungan Sosial dan Kecerdasan Emosional dengan Self-Regulated Learning Siswa. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 7(2), 105–117.

Marsha, E., Dahlan, S., & Widiastuti, R. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Sosial Siswa. Alibkin: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 1–15.

Mubarok, A. F., Sedjo, P., & Prabawati, I. N. (2019). Kecerdasan Emosi dan Organizational Citizenship Behavior pada Perawat. Jurnal Psikologi, 12(2), 143–156.

Nurmalasari, E., Febrialismanto, F., & Chairilsyah, D. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5- 6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7477–7483.

Pohan, R. A., Sahputra, D., & Zahra, M. T. (2018). Kontribusi Kecerdasan Emosi terhadap Kegiatan Merespon dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 273–280.

Riyanti, C., & Darwis, R. S. (2020). Meningkatkan Kepercayaan Diri pada Remaja dengan Metode Cognitive Restructuring. Jurnal Pengabdian Dan Penelitian Kepada Masyarakat, 1(1), 111–119.

Sahputra, D, & Hayati, R. (2019). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Interaksi Sosial. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 2(1), 560–567.

Sahputra, Dika, Syahniar, S., & Marjohan, M. (2016). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3), 182–193.

Setyoko, I. H., Andayani, A., & Setiawan, B. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa dalam Pembelajaran Sastra. Widyabastra, 7(2), 1–5.

Suhardita, K. (2011). Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. ABMAS, Edisi Khusus(1), 127–138.

Sya’baniyah, S. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Merokok. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 215–220.

Ulandari, Y., & Juliawati, D. (2019). Pemanfaatan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.350

Wibowo, C. T. (2015). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Kecerdasan Spiritual (SQ) Pada Karyawan. Bisnis & Manajemen, 15(1), 1–16.

Widihapsari, I. A. G., & Susilawati, L. K. P. A. (2018). Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru Universitas Udayana yang Berasal dari Luar Pulau Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 48–62.

Yulianto, F., & Nashori, H. F. (2006). Kepercayaan Diri dan Prestasi Atlet Tae Kwon Do Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(1), 55–62.

Zahriati, Z., & Ibda, F. (2016). Kecerdasan Emosi Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Jurnal Intelektualita, 4(1), 1–23.

Published

2022-12-31