Pengembangan Instrumen Keterampilan Belajar Mahasiswa

Authors

  • Yuda Syahputra Universitas Indraprasta PGRI
  • Ardimen Ardimen Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Romi Fajar Tanjung Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Lira Erwinda Universitas Bina Bangsa
  • Afifah Nawang Wulan Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Chairatul Fadhila Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Famela Zulfikar Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31957/cjce.v1i2.2631

Keywords:

Keterampilan Belajar, Instrumentasi, Mahasiswa

Abstract

Keterampilan belajar merupakan suatu keahlian yang diperlukan untuk dapat sukses dalam bidang belajar dan karir. Rendahnya keterampilan belajar akan berdampak buruk terhadap proses belajar dan hasil belajar peserta didik serta berlanjut dampak buruknya terhadap karir peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrumen penelitian yang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk mengidentifikasi keterampilan belajar mahasiswa sehingga dapat dijadikan dasar dalam mengambil suatu kebijakan atau membuat program peningkatan keterampilan belajar mahasiswa. Hasil penelitian telah menghasilkan suatu produk instrumen keterampilan belajar yang valid dan reliabel. Instrumen ini diharapkan dapat menjadi alternatif instrumen untuk menghimpun data peserta didik terkait keterampilan belajar oleh praktisi pendidikan terutama bagi guru BK atau konselor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p109

Aldoobie, N. (2015). ADDIE model. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68–72.

Almomen, R. K., Kaufman, D., Alotaibi, H., Al-Rowais, N. A., Albeik, M., & Albattal, S. M. (2016). Applying the ADDIE—Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation—Instructional design model to continuing professional development for primary care physicians in Saudi Arabia. International Journal of Clinical Medicine, 7, 538–546. https://doi.org/10.4236/ijcm.2016.78059

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 92–100.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Azizah, U., Suyono, S., & Suyatno, S. (2014). Kemandirian Belajar Mahasiswa the Development of Instrument To Measure. Prosiding Seminar Nasional Kimia, 155–159.

Darmawan, D. (2012). Inovasi Pendidikan Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dewi, N. L. R. A., Lasmawan, I. W., & Gading, I. K. (2022). Pengembangan Instrumen Keterampilan Belajar dan Berinovasi (4C) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 65–74.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Febianti, Y. N., & Joharudin, M. (2018). Faktor-Faktor Ekstern Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 76. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.246

Folastri, S., Rangka, I. B., & Rahmaniah, A. (2018). Profil Keteramplan Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Teknik Laboratorium Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 4(2), 215. https://doi.org/10.26638/jfk.544.2099

Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (2003). Educational Research An Introduction (7th ed.). Pearson Education Inc.

Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 14(1), 84–99. https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1977

Imelda, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Evaluasi Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 37–46.

Lickona, T. (2016). Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab (Terjemahan) (5th ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Mahmudah, L. (2017). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses pada Pembelajaran IPA di Madrasah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1), 167–187. https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.2047

Masni, H. (2015). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.

Mei, M. F., & Seto, S. B. (2020). Pengembangan Instrumen Pengukuran Nilai Disiplin Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 397. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2888

Nasution, H. M. F. (2001). Hubungan Metode Mengajar Dosen, Keterampilan Belajar, Sarana Belajar, dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 38–46.

Permana, S. A. (2020). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2), 61–69. https://doi.org/10.32505/syifaulqulub.v1i2.2425

Purwanti, E., Angin, R. Z. P., Palupi, G., & Rianingsih, D. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Abad 21. Malang: Kota Tua.

Putri, R. M., Alrefi, A., & Utama, V. (2017). Peningkatan Keterampilan Belajar Mahasiswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Perkuliahan Layanan Bimbingan Konseling I. Jurnal Konseling Komprehensif, 4(2), 38–44.

Rahardja, U., Lutfiani, N., Handayani, I., & Suryaman, F. M. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning + Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, 9(2), 192–202.

Reba, Y. A., & Hakim, F. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Keterampilan Belajar Mahasiswa. Jurnal Bikotetik, 5(2), 63–71.

Saleh, A. R., & Saenab, S. (2017). Identifikasi Keterampilan Belajar (Study Skills) dan Gaya Belajar (Learning Style) Mahasiswa Jurusan Biologi. Simposium Nasional MIPA Universitas Negeri Makassar, 48–52.

Sudirman, S., Kistiono, K., Akhsan, H., & Ariska, M. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan IPA Berbasis Berpikir Kritis pada Konsep Listrik Siswa SMP. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 28–40. https://doi.org/10.36706/jipf.v7i1.10903

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi Model RASCH untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Trim Komunikata Publishing House.

Suprayekti, S. (2010). Keterampilan Belajar Mahasiswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22, 159–166.

Suprayekti, S., Wargahadibrata, H., & Kustandi, C. (2016). Meningkatkan Keterampilan Belajar Mahasiswa dengan Modul Belajar Mandiri. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 30(1), 1–9.

Tambusai, K. (2017). Perbedaan Keterampilan Belajar Mahasiswa Berprestasi Tinggi dan Berprestasi Rendah pada Prodi BKI FITK UIN SU Medan. Jurnal Al – Irsyad, 8(1), 1–7.

Tanjung, R. F. (2019a). Answering the challenge of industrial revolution 4.0 through improved skills use of technology college. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 11–14. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1.i1.02

Tanjung, R. F. (2019b). Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Menggunakan Layanan Informasi Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(1), 17. https://doi.org/10.37064/consilium.v6i1.5184

Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018a). Increasing skills reading students through guidance and counseling classical using Contextual Teaching and Learning (CTL) approach. International Journal of Research in Counseling and Education, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.24036/0037za0002

Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018b). Increasing skills reading students through guidance and counseling classical using Contextual Teaching and Learning (CTL) approach. International Journal of Research in Counseling and Education, 3(1), 8–14. https://doi.org/10.24036/0037za0002

Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018c). Layanan Informasi dalam Peningkatan Keterampilan Belajar Mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 155–164. https://doi.org/10.30870/jpbk.v3i2.3937

Wahyulestari, M. R. D. (2018). Keterampilan Dasar Mengajar di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA UMJ, 199–210.

Wahyuni, E. (2012). Keterampilan Belajar (Study Skills) Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling FIP UNJ. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 33–40.

Walidain, B. (2020). Keterampilan Belajar Mahasiswa di Masa COVID-19. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 3(2), 55–60.

Yulianingsih, D., & Gaol, S. M. M. L. (2019). Keterampilan Guru PAK untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid dalam Proses Pembelajaran di Kelas. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(1), 100–119. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.47

Yuniarto, E. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Likhitaprajna, 19(2), 1–8.

Yusuf, A. M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. UNP Press.

Zahri, T. N., Yusuf, A. M., & S, N. (2017). Hubungan Gaya Belajar dan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Konselor, 6(1), 18. https://doi.org/10.24036/02017615734-0-00

Published

2022-12-31