Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih Provinsi Papua
DOI:
https://doi.org/10.31957/cjce.v2i1.3827Keywords:
Gaya Belajar, Mahasiswa, DeskriptifAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis gaya belajar (visual, auditori, kinestetik, global, dan analitik) mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Pendidikan FKIP UNCEN Angkatan 2021/2022 & 2022/2023. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif deskriptif dengan mengambil sampel total yakni mahasiswa angkatan 2021/2022 berjumlah 18 orang dan angkatan 2022/2023 57 orang mahasiswa. Penjaringan data melalui angket sifatnya tertutup. data dianalis dengan statistic deskriptif yaitu dengan persentae(%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya mahasiswa program Studi S1 Manajemen Pendidikan FKIP UNCEN angkatan 2021/2022 & 2022/2023 bergaya belajar analitik. Lebih dari separoh (52 % mahasiswa angkatan 2021/2022 bergaya belajar analitik; 44 % bergaya belajar kinestetik; 40 % bergaya belajar auditori; 38% bergaya belajar global; dan 32% bergaya belajar visual. Sedangkan mahasiswa angkatan 2022/2023 juga memiliki persentase yang relatif sama, yanitu lebih dari separoh (58 %) mahasiswa bergaya belajar analitik; 49 % gaya belajar auditori; 48 % gaya belajar kinestetik; dan 42 % bergaya visual dan global.
Downloads
References
Bobbi DePorter dan Mike Hernacki, (2001) Quantum Learning diterjemahkan oleh Alwiyah Abdurrahman dengan judul yang sama Cet. XII; Bandung: Kaifa.
Brown, H. D. (2000). 'Principles of Language Teaching and Learning,'' (4th ed.). White Plains, NY: Longman.
Djamaluddin, A & Wardana (2019). Belajar dan Pembelajaran. jakarata: CV. Kaaffah Learning Center,
Gusmaweti dan Wince, H 2021. Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi di Masa New Normal. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. 4 (1):31-39.
Papilaya, O & Neleke, H. 2016. Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi UNDIP. 15 (1): 56-63
Halim, A. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. 9 (2): 141-158.
Rahmana (tanpa tahun) Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jambura Edu Biosfer Journal (l (xxxx) x (x): 1-5.
Riyanto, Y. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press
Riyanto, Y. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: UNESA University Press
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2015). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Syofyan, H. (2016). Identifikasi Gaya Belajar mahasiswa PRODI Pendidikan Guru Sekolah dasar Usiversitas Esa Unggu. Eduscience. 1 (2) : 70-79
Tanta, (2010) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada mata Kuliah Biologi Umum Program Studi Biologi Universitas Cenderawasih. KREATIF Jurnal Kependidikan Dasar. 1 (1): 7-21.
Usman. (2016). Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Terhadap Model dan strategi Pembelajaran Dosen. Jurnal Studi Pendidikan. XIV (2): 111-125
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Wahyudi, W. 2016 Gaya Belajar Mahasiswa (Studi Lapangan di Program Pascasarjana IAIN “SMH” Banten). ALQALAM. 33 (1): 105-120.
Wahab, G. & Rosnawati (2020). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.
Wawan (2016). Gaya Belajar Mahasiswa. ALQALAM. 33 (1): 105-120
Wiedarti, P. (2018). Pentingnya Memahami Gaya Belajar. Jakarta: DIRJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD.
Published
Versions
- 2024-05-14 (2)
- 2023-07-26 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yulius Mataputun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors full retain the copyright and publishing rights without restrictions of their published works on Cenderawasih Journal of Counseling and Education under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
In case, the article was jointly prepared by more than single author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy.
The author(s) whose names are listed in their manuscript also declared that they have no conflict of interest and indicate agreement that the all information in their article is true and correct.