This is an outdated version published on 2024-05-25. Read the most recent version.

Gambaran Keterampilan Sosial Siswa dan Implikasi dalam Layanan Bimbingan Konseling

Authors

  • Solihatun Solihatun
  • Devita Nur hakim Universitas Indraprasta PGRI
  • Christine Masada Hirashita Tobing

DOI:

https://doi.org/10.31957/cjce.v2i2.3864

Keywords:

keterampilan Sosial, Keterampilan Komunikasi, Interpersonal, Siswa

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah memaparkan gambaran keterampilan sosial pada siswa serta implikasi dalam layanan bimbingan konseling. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 kelas parallel yaitu kelas VII, VIII, dan kelas IX yang berjumlah 196 siswa, dan untuk menentukan sampel atau Kelas yang menjadi subjek penelitian digunakan teknik purposive sampling yaitu sampel diambil dengan maksud dan tujuan tertentu. Adapun sampel yang dipilih adalah kelas VIII dengan jumlah 63 siswa. Instrumen keterampilan sosial yang digunakan adalah Skala model likert. Secara keseluruhan skor capaian responden untuk keterampilan sosial siswa di SMP Perintis Depok berada kategori sedang 47,62%. Dilihat pada aspek terdapat kategori tinggi aspek peer acceptance yaitu sebesar 72,78%, perilaku interpersonal 72,57%, keterampilan komunikasi 71,92% kategori sedang aspek hubungan diri sendiri yaitu sebesar 63,35%, dan kategori rendah aspek kesuksesan akademis  sebesar 52,02%..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Susanto, M. P. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Kencana.

Aksoy, P., & Baran, G. (2010). Review of studies aimed at bringing social skills for children in preschool period. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 9, 663–669.

Amti, E. (2019). Dasar-dasar bimbingan dan konseling.

Arumiyah, S., Djannah, M., & Habsy, B. A. (2018). Manfaat Bimbingan Kelompok dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Thalabi Pendidikan Indonesia, 1(2), 140–153.

Atieka, N. (2016). Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMP Negeri 2 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 1(1), 91–99.

Bali, M. M. E. I. (2017). Model interaksi sosial dalam mengelaborasi keterampilan sosial. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 4(2).

Childs, D. (2012). Self-monitoring as a means to generalize social skills. University of Missouri-Saint Louis.

Dinihari, Y., & Solihatun, S. (2020). Penerapan Metode Role Playing Menggunakan Media Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Bahasa Siswa. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 1(1).

Elksnin, L. K., & Elksnin, N. (2007). Assessment and Instruction of Social Skill. London: Singular Publishing Group.

Fitri, M. J., & Nelwati, S. (2020). Pelaksanaan Layanan Penguasaan Konten dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 1 Painan. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 6(2), 148–156.

Fitriyanti, E., Solihatun, S., & Folastri, S. (2021). Pembinaan Pendidikan Karakter Cerdas melalui Format Kelompok (PKC-KO) untuk Membantu Mengatasi Kesulitan Belajar di SMK Tecma Ciambar. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(2), 47–55.

Lisdiana, A. (2019). Memantik Ketrampilan Sosial Siswa Melalui Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS). Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 162–183.

Listari, W. (2020). Efektivitas Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 10 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri AR- Raniry.

Maharani, L., Masya, H., & Janah, M. (2018). Peningkatan keterampilan sosial peserta didik SMA menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 5(1), 65–72.

Maleki, M., Mardani, A., Mitra Chehrzad, M., Dianatinasab, M., & Vaismoradi, M. (2019). Social skills in children at home and in preschool. Behavioral Sciences, 9(7), 74.

Martono, E. P., Solihatun, S., & Prasetyaningtyas, W. E. (2021). Pengaruh keterampilan sosial terhadap kepercayaan diri siswa terisolir. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 167–174.

Maulany, L. E. (2022). Efektivitas Layanan Informasi dengan Metode Ceramah dan Diskusi untuk Mengubah Persepsi Siswa Tentang Disiplin Belajar: Array. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 246–253.

Mikami, A. Y., Jia, M., & Na, J. J. (2014). Social skills training. Child and Adolescent Psychiatric Clinics, 23(4), 775–788.

Øzerk, K., Özerk, G., & Silveira-Zaldivar, T. (2021). Developing social skills and social competence in children with autism. International Electronic Journal of Elementary Education, 13(3), 341–363.

Palupi, I. M. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Multimedia Pada Siswa Kelas Viii B Smp Negeri 2 Juwiring. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 199–208.

Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling (Jakarta). Rineka Cipta.

Rahmawati, D., Pauziah, P., Sukma, R., Sadiah, S., & Indrianti, Y. (2022). Kajian Literatur Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 103–107.

Sahalessy, Y. C. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Keterampilan Sosial Remaja Di Kota Depok. Jurnal Global Health Science, 5, 204–206.

Solihatun, S., & Oktasari, M. (2018). Gambaran Keterampilan Sosial Siswa Terisolir Serta Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. Wahana Didaktika, 16(3).

Zaini, A., Dianto, M., & Mulyani, R. R. (2020). Pentingnya Penggunaan Media Bimbingan dan Konseling dalam layanan Informasi. Jurnal Ilmiah Universitas Malang, 126–131.

Published

2024-05-25

Versions