Profil Tingkat Sikap, Pengetahuan, dan Psikomotor terhadap Permainan Bulutangkis pada Atlet PB. Galeri Kota Jayapura
DOI:
https://doi.org/10.31957/jop.v5i2.3963Kata Kunci:
Sikap Pengetahuan, Psikomotor, BulutangkisAbstrak
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat sikap, pengetahuan, dan psikomotor terhadap permainan bulutangkis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang berupa angket dan tes psikomotor. Subjek dalam penelitian adalah atlet PB. Galeri yang berjumlah 20 anak. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Atlet terhadap permainan bulutangkis dengan persentase tinggi 3 orang (15%), kategori persentase sedang 15 orang (75%), dan kategori persentase rendah 2 orang (10%). Sedangkan tingkat pengetahuan atlet terhadap permainan bulutangkis berkategori dengan persentase tinggi 6 orang (30%), kategori persentase sedang 12 orang (60%), dan kategori persentase rendah 2 orang (10%). Sedangkan psikomotor terbagi atas 3 item yaitu tingkat Pukulan Dropshoot atlet terhadap permainan bulutangkis berkategori dengan persentase tinggi 1 orang (5%), kategori persentase sedang 17 orang (85%), dan kategori persentase rendah 2 orang (10%). Tingkat Pukulan Servise Pendek atlet terhadap permainan bulutangkis berkategori dengan persentase tinggi 3 orang (15%), kategori persentase sedang 17 orang (85%), dan kategori persentase rendah 0 orang (0%). Tingkat Pukulan Smash atlet terhadap permainan bulutangkis berkategori dengan persentase tinggi 5 orang (25%), kategori persentase sedang 12 orang (60%), dan kategori persentase rendah 3 orang (25%). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat sikap, pengetahuan, dan psikomotor terhadap permainan bulutangkis pada atlet PB. Galeri Kota Jayapura berada dalam kategori sedang.
Unduhan
Referensi
Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & Cs, A. (2023). Peran pendidikan jasmani dalam pengembangan motorik kasar pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 2538-2546.
Ita, S., Ansar, C. S., Kardi, I. S., & Nopiyanto, Y. E. (2022). Peningkatan Kompetensi Pelatih PPLP Papua Menuju Prestasi POPNAS Ke-XVI Tahun 2023. Community Education Engagement Journal, 4(1), 37-43.
Ita, S., Kardi, I. S., Ibrahim, I., & Ansar, C. S. (2023). Characteristics of Sports Injuries Experienced by Throwing Athletes at the PASI Papua Athletics Invitational Event. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 12(2), 247-257.
Mailani, A. (2016). Tingkat Keterampilan Bermain Futsal Peserta Didik Putera yang Mengikuti Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Imogiri Bantul. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 5(4).
Muhammad, J., Rahanyaan, O. C. F., Nasruddin, N., Sinaga, F. S. G., Mandosir, Y. M., Ansar, C. S., ... & Meage, F. (2024). The Effect Of Basic Movement Training Methods On Increasing Badminton Forehand Long Service Hitting Ability In PB Children FIK. Indonesian Journal of Physical Activity, 4(1), 37-46.
Nasruddin, N., Muhammad, J., & Ansar, C. S. (2023). PROFIL KETERAMPILAN TEKNIK DASAR STROKE (MEMUKUL) BULUTANGKIS PADA CLUB BULUTANGKIS KOTA JAYAPURA (PB. FIK UNCEN). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 3(3), 727-740.
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137.
Purwati, P. D., Faiz, A., & Widiyatmoko, A. (2021). Asesmen Kompentensi Minimum (AKM) kelas jenjang sekolah dasar sarana pemacu peningkatan literasi peserta didik. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 19(1).
Saputri, C. T., & Sunardianta, S. (2018). TINGKAT KEPUASAN WALI MURID TERHADAP JASA PELAYANAN SEKOLAH BULUTANGKIS RAJAWALI DI BANTUL. PGSD Penjaskes, 7(3
Zulhendri, Z., & Sukoco, P. (2021). Pengaruh metode latihan dan koordinasi mata tangan terhadap ketepatan drive pada ekstrakurikuler bulutangkis. Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan, 2(1), 1-13.