IMPLEMENTASI DIMENSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI I OBAA KABUPATEN MAPPI

Penulis

  • Jermina H. Risamasu SMA Negeri 1 Okaba, Kabupaten Mappi

Abstrak

Telah dilakukan penelitian tentang dimensi kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran implementasi tentang: 1) kemampuan pengetahuan, 2) kemampuan personal, 3) kemampuan relasional, 4) kemampuan intelektual, dan 5) kemampuan organisasional kepala sekolah SMA Negeri 1 Obaa Kabupaten Mappi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah informan 9 orang. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannnya kepala sekolah SMA Negeri 1 Obaa pada masing-masing dimensi kepemimpinan pendidikan menunjukan hasil sebagai berikut, 1) Implementasi dimensi kemampuan pendidikan kepala sekolah belum berjalan secara maksimal, 2) Implementasi kemampuan relasional kepala sekolah telah dilaksanakan namun belum maksimal, (3) Implementasi dimensi kemampuan personal kepala sekolah masih sangat kurang, (4) Implementasi kemampuan intelektual belum maksimal untuk mengelola perwujudan visi dan misi sekolah, dan 5) Implementasi kemampuan organisasi kepala sekolah belum maksimal. 

Kata Kunci: Implementasi, Dimensi kepemimpinan Kepala Sekolah, Kabupaten Mappi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Jermina H. Risamasu, SMA Negeri 1 Okaba, Kabupaten Mappi

SMA Negeri 1 Okaba, Kabupaten Mappi

Referensi

Duignan, P. 2004. Forming Capable Leaders: From Competence to Capabilities. New Zealand Journal of Educational leadership, Vol. 19 No. (2).

Euis Karwati dan Donni, J. Prinasa. 2013. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Sudarwan Danin. 2013. Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2020-04-25

Terbitan

Bagian

Articles