Hubungan motivasi guru dan mutu pembelajaran dengan prestasi belajar siswa SMP di kota Merauke

Penulis

  • Azwari Subhan Universitas Cenderawasih
  • Happy lumbantobing Universitas cenderawasih

Abstrak

Telah dilakukan penelitian tentang Hubungan motivasi guru dan mutu pembelajaran dengan prestasi belajar siswa SMP di Kota Merauke. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan motivasi kerja guru dan mutu pembelajaran dengan prestasi belajar siswa SMP di Kota Merauke baik secara parsial maupun
simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP di Kota Merauke dan sampel penelitian merujuk pada pendapat Arikunto (2006) apabila populasi lebih dari 100 maka diambil sebagian dari populasi yaitu 80 orang guru yang dijadikan sampel sebagai uji penelitian yang diperoleh dari 1060 x 40 % =
80,6 yang dibulatkan menjadi 80. Teknik sampling yang dipergunakan adalah random sampling. Metode yang dipakai adalah Kuisioner dengan menggunakan instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: a) nilai t hitung sebesar 2,724 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,992. Yang artinya
bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi guru dan Hasil Belajar Siswa. b) nilai t hitung sebesar 2,517 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,992 yang artinya bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara mutu pembelajaran dan prestasi belajar siswa. c) didapati bahwa nilai F
hitung ternyata lebih besar dari nilai F table, dimana F hitung = 9,426> F tabel = 3,06 yang berarti bahwa hipotesis terbukti kebenarannya.

Kata kunci: motivasi guru, mutu pembelajaran dan prestasi belajar siswa SMP Merauke

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Azwari Subhan, Universitas Cenderawasih

Magister pendidikan

Happy lumbantobing, Universitas cenderawasih

Magister pendidikan

Referensi

Ahmadi, A. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Mustaqim. 2008. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pustaka Pelajar

Nurzazin. 2011. Gerakan Menata Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. 2. Jakarta: IKAPI

Purwadarminto. 1979. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yunus Namsa. 2000. Metode Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Zakaih Drajat. 2000. Metodologi Pengajaran PAI. Yogyakarta: PT. Bulan Bintang

Diterbitkan

2019-05-29

Terbitan

Bagian

Articles