Analisis Tingkat Kesejahteraan Keluarga Nelayan Bubu Lipat di Desa Suradadi Kabupaten Tegal

Authors

  • Shiffa Febyarandika Shalichaty Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai
  • Kurnia Sada Harahap Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

DOI:

https://doi.org/10.31957/acr.v2i1.981

Abstract

Nelayan bubu lipat merupakan nelayan yang melakukan penangkapan rajungan (Portunus pelagicus). Rajungan merupakan biota yang berskala eksport dan sangat diminati oleh masyarakat lokal maupun internasional. Nilai tukar nelayan merupakan indikator dari tingkat kesejahteraan nelayan. Pendapatan nelayan sangat dipengaruhi oleh banyak sedikitnya jumlah hasil tangkapan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis tingkat kesejahteraan nelayan berdasarkan nilai tukar nelayan, menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap nilai tukar nelayan sebagai indikator kesejahteraan. Analisis yang digunakan adalah analisis Nilai Tukar Nelayan, analisis regresi, analisis parsial (t) dan analisis simultan (F). penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara dengan jumlah responden yang diambil adalah 30 juragan dan 30 Anak Buah Kapal. Nilai tukar nelayan juragan berada pada kategori tinggi (105–156) dan Nilai tukar nelayan anak buah kapal berada pada kategori sedang hingga tinggi (104–170), Nilai tukar nelayan juragan 98,2% dipengaruhi oleh pendapatan usaha perikanan dan non perikanan memberikan nilai positif sedangkan pengeluaran operasional, konsumsi rumah tangga dan keperluan lain memberikan nilai negatif terhadap nilai tukar nelayan juragan. Nilai tukar nelayan anak buah kapal 92,2% dipengaruhi oleh pendapatan usaha perikanan utama, sampingan dan non perikanan memberikan nilai positif untuk nilai tukar anak buah kapal sedangkan pengeluaran konsumsi rumah tangga dan keperluan lain memberikan nilai negatif terhadap nilai tukar nelayan anak buah kapal.

Kata Kunci: Kesejahteraan nelayan; Bubu lipat; Nilai Tukar Nelayan; Suradadi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiono, E., Idiannor, W., dan Bandung, R. 2015. Pengukuran nilai tukar nelayan Di Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan. Fish Scientiae, 5(9), 26-36.

Hamdi, Saepul, A., dan Bahruddin, E. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 79 tahun 2016 tentang Rencana Pengelolaan Perikanan Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia 712.

Khumairoh., Ismail., dan Yuliato, T. 2013. Analisis tingkat kesejahteraan rumah tangga nelayan purse seine di PPI Bulu Kabupaten Tuban Jawa Timur. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 2(3), 182-191.

Lestari, S., Mudzakir, A.K., dan Boesono, H. 2014. Analisis tingkat kesejahteraan nelayan bubu hasil tangkapan rajungan di Desa Betahwalang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 3(3), 329-338.

Sani, F.K. 2016. Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental. Yogyakarta: Deepublish.

Suryani, Hendryadi. 2016. Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-Undang Nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.

Downloads

Published

2019-07-26

Issue

Section

Articles