Pengaruh Persepsi Kemudahaan Penggunaan, Efektivitas, Risiko Terhadap Minat Dan Penggunaan Financial Technologi (Fintech) Dengan Minat Sebagai Variabel Mediasi
DOI:
https://doi.org/10.52062/jakd.v15i2.1623Keywords:
financial technology, Interest, Perception Ease of use, Effectiveness, RiskAbstract
Â
 AbstractÂ
This study aims to provide empirical evidence of the influence of perception of ease of use, effectiveness of risk to interest, and use of Financial Technology (Fintech) with interest as a variable of mediation in Jayapura city.Â
The study used primary data obtained by distributing questionnaires online. The data analysis method used is by Structure Equation Model (SEM) approach with WarpPLS 7.0. The sampling method used is purposive sampling technique. Purposive sampling is a sampling technique of data sources with certain considerations or criteria.Â
The results of this study were seen from the P/sig values (0.230 >0.005). Thus the ease of use has a positive and insignificant effect on the use of financial technology (fintech) with an interest as mediation. Judging from its P/sig values (0.015 <0.005) thus the effectiveness has a positive and significant effect on the use of financial technology (fintech) with interest as mediation. Judging from its P/sig values (0.330 >0.005) thus the risk has a positive and insignificant effect on the use of financial technology (fintech) with interest as mediation.Â
Keywords: financial technology; Interest; Perception Ease of use; Effectiveness; RiskÂ
AbstrakÂ
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, efektivitas risiko terhadap kepentingan, dan penggunaan Teknologi Finansial (Fintech) dengan kepentingan sebagai variabel mediasi di kota Jayapura.Â
Penelitian menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara online. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan pendekatan Structure Equation Model (SEM) dengan WarpPLS 7.0. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan atau kriteria tertentu.Â
Hasil penelitian ini dilihat dari nilai P / sig (0,230> 0,005). Dengan demikian kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penggunaan financial technology (fintech) dengan kepentingan sebagai mediasi. Dilihat dari nilai P / signya (0,015 <0,005) maka efektifitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan financial technology (fintech) dengan kepentingan sebagai mediasi. Dilihat dari nilai P / signya (0,330> 0,005) maka risiko berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penggunaan financial technology (fintech) dengan mediasi bunga.Â
Kata kunci: financial technology, Bunga, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, Risiko
Downloads
References
Adams, D. A., Nelson, R. R., Todd, P. A., Adams, B. D. A., Nelson, R. R., & Todd, P. A. (1992). “Perceived Usefulness , Ease of Use , and Usage of Information Technology : A Replication.†16(2), 227–247.
Ajzen, I. (1991). “The Theory of Planned Behavior.†Organization Behavior and Human Decision Processes, 179–211.
Al-Smadi, M. dan S. A. A.-W. (2012). “Dampak E-Banking pada Kinerja Bank Yordania _ Buka Jurnal Akses.â€
Alvani Amaerita Harefa. (2018). “Financial Technology, Regulasi dan Adaptasi Perbankan Di Indonesia.†Management Journal, 9220(1), 1–11.
Amalia, F., Chishti, S., & Barberis, J. (2016). “The Fintech Book: The Financial Technology Handbook For Investors, Entrepreneurs And Visionaries,†31(3), 345.
Andryani, Y. D., Program, M., Ilmu, S., Negara, A., Administrasi, D., Ilmu, F., … Airlangga, U. (2014). “Inklusivitas Program Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif),†2.
Annur, C. M. (2019). “56% Pengguna Internet Indonesia Belum Pernah Bertransaksi E-Commerce.â€
Ardhiani, L. N. (2015). “Analisis Faktor-faktor Penerimaan Penggunaan Quipperschool.com Dengan Menggunakan Pendekatan Teori (TAM & TPB) Di SMA Negeri & Yogyakarta.â€
Arjunwadkar, P. Y. (2018). “Fintech : The Technology Driving Disruption in the Financial Services Industry.â€
Arif Reza Maharama, N. K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Persepi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Jasa GoJek Di Kota Semarang Yang Dimediasi Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. 203–213.
Azizi, M. (2016). Pengaruh persepsi kemudahan, Kepercayaan Dan Risiko Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan E-Banking Pada PT Bank BNI Syariah KC Yogyakarta.
Chang Boon Patrick Lee, G. W. (2010). “Including Subjective Norm and Technology Trust in the Technology Acceptance Model : A Case of E-Ticketing in China,†41(4), 40–51.
CNBC Indonesia. (2019). Startup Unicorn ke-5, Namanya OVO. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com
Dampararas & Luhdini Nilamtiti. (2017). Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Efektivitas, Kepercayaan dan Risiko terhadap Penggunaan Internet Banking.
Davis, F. D. (2014). “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology.†13(3), 319–340.
Dendy Agustiyan. (2019). “Sosialisasi OJK Tentang Equity Crowdfunding.†Retrieved from https://www.finansialku.com/peraturan-equity-crowdfunding/
Douglas W. Arner, Janos Barberis, R. P. B. (2015). “The Evolution of Fintech: A New Post-Crisis Paradigm?†0–45.
Fathul Wahid. (2007). “Teknologi Informasi dan Pendidikan, Ardana Media dan Rumah produksi Informatika, UII, Yogyakarta.†52–53.
Fintech, T. K., & Implementasinya, K. D. (2018). “Teknologi Keuangan (Fintech) : Konsep dan Implementasinya di Indonesia.†March, 6.
Fransiska Ardela, S. . (2017). “Sudah Resmi! Pahami Klasifikasi Fintech Menurut Bank Indonesia.†Retrieved from https://www.finansialku.com/klasifikasi-fintech-menurut-bank-indonesia/
Harlan, D. (2014). “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko Persepsian Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking UMKM di Kota Yogyakarta.â€
Hatta, N. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen KFC Citraland Makassar.
Hiroshi Fujii, Taeko Okano, Stuart Madnick, M. S. (2002). “MIT Sloan School of Management E-Aggregation : The Present and Future of Online Financial Service In Asia-Pacific,†(July).
I Gusti Mayun Prabawalingga, I. K. Y. (2016). Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening Terhadap Perilaku Penggunaan Sistem. 10, 3359–3390.
Indonesia, B. (2016). “Penyelenggaraan Layanan Keuangan Digital.†18, 6.
Indonesia, B. (2017). “Teknologi Finansial - Bank Sentral Republik Indonesia.â€
Irmadhani, M. A. N. (2012). “Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Computer Self Efficacy, Terhadap Penggunaan Online Banking.†7.
Iswi Hariyani & Cita Yustisia Serfiyani. (2015). “Perlindungan Hukum Donation Based Crowdfunding Pada Pendanaan Industri Kreatif Di Indonesia,†4.
Karim, M. A. (2018). “Pengaruh Penerimaan Sistem Pembayaran G0-Pay Menggunakan TAM (Technology Accetance Model) Terhadap Intensitas Penggunaan Layanan Gojek,†11.
KBBI. (2014a). “Arti kata efektif - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.†Retrieved from https://kbbi.web.id/efektif
KBBI. (2014b). “Arti kata mudah - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.†Retrieved from
KBBI. (2014). “Arti kata efektif - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.â€
Kusumasari, B., Wicaksono, K. W., Sidik, F., Achyani, F. T., Gana, F., Kiwang, A. S., & Pandie, D. B. W. (2015). “Analisis Kebijakan dan Efektivitas Organisasi,†73.
Made, A., & Ferdiana, K. (2019). Understanding Fintech Through Go – Pay, 4(2), 257–260.
Madian, A. (2018). “Cara Kerja Peer to Peer Lending Akseleran .†Retrieved from https://www.akseleran.co.id/blog/cara-kerja-peer-peer-lending-akseleran
Mahisa Bima Sakti, Endang Siti Astuti, K. (2010). Pengaruh Persepsi Pengguna Teknologi Informasi, Kemudahan Penggunaan, Risiko, Fitur Layanan Terhadap minat dan Penggunaan Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
March Hot Asi Sitanggang. (2018). “Memahami mekanisme crowdfunding dan motivasi berpartisipasi dalam platform Kitabisa.com,†2.
Meiliyah Ariani, Z. (2017). “Pengaruh Kualitas Layanan, Keamanan, dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Line Pay,†457–467.
Muhhammad Fadhli, R. F. (2016). “Pengaruh Persepsi Nasabah Atas Risiko, Kepercayaan, Manfaat, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Penggunaan Internet Banking.†1(2), 264–276.
Mulyana, Y. F. (2016). “ Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risjiko dan Keamanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Online,†26.
Muzdalifa, I., Rahma, I. A., & Novalia, B. G. (2018). “Peran Fintech Dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif Pada UMKM di Indonesia,†3(1).
Njatrijani, R. (2019). “Perkembangan Regulasi dan Pengawasan Financial Technology di Indonesia,†(Februari), 462–474.
Otoritas Jasa Keuangan. (2019). “Perusahaan Fintech Lending Berizin dan Terdaftar di OJK.†Retrieved from www.ojk.go.id
Perilaku, P., & Indonesia, P. I. (2018). “Penetrasi & profil perilaku pengguna internet indonesia.†Maret.
Pikkarainen, K. (2004). Consumer acceptance of online banking : an extension of the technology acceptance model, 14(3), 224–235. https://doi.org/10.1108/10662240410542652
Rahayu, P. P. (2019). “Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking.†21.
Report, F. L. (2018). “Fintech Landscape Report May 2018 Indonesia,†(May).
Roy Franedya, Tito Bosnia, C. I. (2018). Ini Dia Empat Jenis Fintech di Indonesia. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20180110145800-37-1126/ini-dia-empat-jenis-fintech-di-indonesia
Salle, H. T. (2018). “Analisis Faktor Determinan Terjadinya Kecenderungan Kecurangan (Studi Pada Pemerintahan Provinsi Papua).â€
Sihombing, R. J. (2016). “Keabsahan electronic money di indonesia,†2.
Singapore, F. (2018). “Fintech Indonesia Report 2018 – The State of Play for Fintech Indonesia _ Fintech Singapore.†Retrieved from https://fintechnews.sg/20712/indonesia/fintech-indonesia-report-2018/
Sironi, P. (2016). “FinTech Innovation_ From Robo-Advisors to Goal Based Investing and Gamification - Paolo Sironi - Google Buku.†Retrieved from https://books.google.co.id/books?
Sofie Blakstad, R. A. (2018). FinTech Revolution_ Universal Inclusion in the New Financial Ecosystem - Sofie Blakstad, Robert Allen". Retrieved from https://books.google.co.id
Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, C. (2017). “Apa Itu Robo Advisor dan Bagaimana Cara Kerjanya.†Retrieved from https://www.finansialku.com/apa-itu-robo-advisor-dan-bagaimana-cara-kerjanya/
Virgina Maulita Putri. (2019). Seputar Crowdfunding, Layanan yang Buat Ananda Badudu Ditangkap. Retrieved from https://inet.detik.com/cyberlife/d-4724603/seputar-crowdfunding-layanan-yang-buat-ananda-badudu-ditangkap
Wibowo, A. (2008). “Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model.â€
Wildan, M. (2019). “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas, dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Fintech.†20.
Zimmermann, J. (2017). “Crowdfunding Berbasis Hadiah.†Retrieved from https://www.nerdwallet.com/blog/small-business/reward-crowdfunding/