Modul Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Penulis

  • Tiurlina Siregar Program Magister Pendidikan IPA, Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Desry Natalia Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Cenderawasih, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v7i1.837

Kata Kunci:

Guided Inquiry, Electrolyte Solution, Non-Electrolyte Solution

Abstrak

This study discusses the learning of guided inquiry learning models on the learning outcomes of chemicals in electrolyte and non-electrolyte solutions; (2) Improving learning outcomes of students after learning to use a guided inquiry learning model. The design of this study was quasi-experimental with the design of the One-Group-Pretest-Postest. The results showed: (1) there was a significant effect between guided incuition learning models on chemicals in electrolyte and non-electrolyte solutions with a significant value of 0.00 <0.05 (2) related to the results of chemical studies on electrolyte and non-electrolyte materials with n-Gain values averaging 0.72 high categories.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nursafiah. (2015). Tanggapan Siswa Terhadap Model Pebelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Fotosintesis Di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 3(2), 153-157

Riyadi, I.P., Prayitno, B.A., & Marjono. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Materi Sistem Koordinasi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Biologi. 7(2), 108-121.

Siregar, T., & Tiro, A.R. (2011). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Melalui Model Pembelajaran Dengan Pendekatan Inguiry Based Learning (IBL). Jurnal Prosiding Seminar Nasional: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, November 2011.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, S., Bimo, B. S., & Achmad, R. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik di SMA Negeri 01 Manokwari (Studi pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan). Jurnal Nalar Pendidikan, 5(1), 462-471.

Tiurlina Siregar. (2011). Pendekatan Inguiry Based Learning (IBL) Mengubah Paradigm Pembelajaran Menjadi Inovatif. Jayapura: Logoz Publishing, 2011.

Yasniati, Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 1-9.

Diterbitkan

2019-04-22

Cara Mengutip

Siregar, T., & Natalia, D. (2019). Modul Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 7(1), 8–16. https://doi.org/10.31957/jipi.v7i1.837

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check