Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Minat Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31957/cjce.v2i2.3848Keywords:
Model Problem Based Learning, Software GeoGebra, minat belajar siswa, kemampuan pemecahan masalah matematisAbstract
Siswa masih kurang motivasi belajar dan kemampuan memecahkan masalah matematika; Hal ini antara lain disebabkan karena model pembelajaran kurang memberikan variasi yang cukup untuk menarik minat siswa. Menguji efektivitas metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) berbantuan Perangkat Lunak adalah tujuan utama penelitian ini. Pengaruh GeoGebra terhadap dorongan intrinsik siswa untuk belajar dan kemahiran dalam matematika.
Penelitian ini menggunakan strategi penelitian kuasi eksperimen kuantitatif yang dikenal dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group design. Seluruh tim belajar terdiri dari siswa kelas XI TKJ SMKS YP 17 Cilegon. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sample dengan memilih 26 siswa Kelas XI TKJ 1 sebagai kelompok kontrol dan 22 siswa Kelas XI TKJ 3 sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket berisi 24 pertanyaan kepada siswa dan tes esai 4 pertanyaan untuk mengukur kemampuan mereka dalam memecahkan masalah matematika. Analisis data menggunakan angket deskriptif, uji Independent Sample T-test, uji homogenitas, dan uji normalitas.
Hasil penelitian dapat diketahui dengan mendapatkan nilai Sig pada kelompok kontrol dan eksperimen dengan menggunakan uji Independent Sample t-test. Kita dapat menolak H0 dan menerima H1 dengan ambang signifikansi 2 sisi sebesar 0,024 < 0,05. Hasilnya menunjukkan bahwa metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), bila diterapkan dengan bantuan perangkat lunak GeoGebra, menghasilkan berbagai peningkatan kapasitas siswa dalam memecahkan masalah matematika. Setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan Software GeoGebra, siswa menunjukkan tingkat minat belajar yang tinggi, dibuktikan dengan hasil persentase rata-rata sebesar 92% pada angket minat belajar.
Downloads
References
Afhami, A. H. (2022). Aplikasi Geogebra Classic terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3). https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i3.1878
Ananda, A. A., & Firmansyah, F. (2023). pengaruh problem based learning berbantuan powerpoint terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. jurnal mathematic paedagogic, 7(2), 167–177. https://doi.org/10.36294/jmp.v7i2.3249
Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. In Original Research.
Cahyadi, M. R., Darmayanti, R., Muhammad, I., Sugianto, R., & Choirudin. (2023). Rubrik Penilaian Tes Esai Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Sains Dan Pembelajaran Matematika, I(2) 37-38.
Cahyani, A. E. M., Mayasari, T., & Sasono, M. (2020). Efektivitas E-Modul Project Based Learning Berintegrasi STEM Terhadap Kreativitas Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 15. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i1.1774
Damayanti, N., & Kartini. (2022). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. 11(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Fitriana, I. N., & Mampouw, H. (2019). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Skema Kognitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang Ditinjau dari Pendekatan Polya. 8(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Hidayatsyah. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra. Jurnal Pendidikan Matematika, (Vol. 05, No.01).
Himmi, N., Agustyaningrum, N., & Iswanti, I. (2021). analisis permasalahan pembelajaran daring selama pandemi covid-19 ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa smk. aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2497. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4229
Indayanti, Y., & Sagala, P. N. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di MTs Citra Abdi Negoro. In Journal of Student Research (JSR) (Vol. 1, Issue 3).
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i2.107-114
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).
Mukarramah, M., Edy, S., & Suryanti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah matematika Peserta Didik SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 67. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13309
Mukminah. (2021). Meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca dengan Menggunakan Metode Klos pada Siswa Kelas X MIA-1 SMA Improving Reading Effective Speed by Using Klos Method at Students of the X-Class MIA-1 SMA.
Muzhaffar, M. D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Nasrullah, A., Umalihayati, U., & Mubarika, M. P. (2023). Pemanfaatan geogebra terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran matematika ekonomi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1789-1799. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7098
Putri Widya Nayanti, Asih Miatun, Meyta Dwi Kurniasih (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantu Software Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Smp Negeri 3 Babelan. Jurnal Pendidikan Indonesia. (Vol 4. No. 07)
Saleh, R. R. M., & Triyono, A. (2021). implementasi e-modul berbasis project basad learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa stkip kusuma negara. https://doi.org/10.5281/zenodo.6616903
Syifa Alamiah, U., & Ekasatya Aldila Afriansyah, dan. (2017). perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan realistic mathematics education dan open-ended. 6(2), 207. http://e-mosharafa.org/
Trisnawati, N. F., Sundari Sundari, dan, Pendidikan, J. K., Sorong, K., & Barat, P. (2020). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Efektifitas Model Problem Based Learning dan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Karakter Anti Korupsi. 9(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Ulfa, Y. L., Roza, Y., & maimunah. (2022). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Jarak pada Bangun Ruang. 11(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Yanti, R., Laswadi, Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Geogebra dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.
Downloads
Published
Versions
- 2024-05-21 (3)
- 2024-05-21 (2)
- 2024-05-21 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nilasari, Mira Marlina, Vidya Ayuningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors full retain the copyright and publishing rights without restrictions of their published works on Cenderawasih Journal of Counseling and Education under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
In case, the article was jointly prepared by more than single author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy.
The author(s) whose names are listed in their manuscript also declared that they have no conflict of interest and indicate agreement that the all information in their article is true and correct.