Survey Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMP Negeri 2 Pendopo Barat

Survey of Students' Interest in Participating in Physical Education, Sports and Health at SMP Negeri 2 Pendopo Barat

Penulis

  • Refriyadi Refriyadi Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31957/jop.v5i1.3948

Kata Kunci:

Survei, Minat, Faktor Instrinsik, Ekstrinsik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 2 Pendopo Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian yang berjumlah 48 siswa. Penelitian ini dilaksanakan bulan November 2020. Obyek penelitian ini adalah minat siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dari faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa survei minat siswa SMP Negeri 2 Pendopo Barat dalam kategori tinggi berjumlah 22 siswa (46%) dari 48 siswa. Hasil dari data faktor instrinsik dalam kategori sangat tinggi berjumlah 19 siswa (40%), dan hasil dari data faktor ekstrinsik dalam kategori tinggi berjumlah 18 siswa (37%). Dapat disimpulkan bahwa minat siswa tidak bisa diukur hanya dilihat dari salah satu faktor tapi harus seimbang antara faktor dalam (Instrinstik) diri sendiri dan faktor luar (Ekstrinsik) keluarga, teman, lingkungan. Apabila siswa memiliki minat instrinstik dan ekstrinsik maka semakin tinggi peluangnya untuk menggapai apa yang diinginkannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ansar, C. S., & Sahruni, A. Y. (2022). Survey Tingkat Pemahaman Guru Pgsd Dikjas Terhadap Penilaian Otentik. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2), 184-187.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, H. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Sosial. Bandung: Alfabeta .

Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Gunawan, H. (2019). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Kartini, K. (1996). Pengantar Metodologi Riset Sosial. Cet. Ke-VII. Bandung: Madar Maju.

Ramlan. M. (2018). Marfologi (Suatu Tinjauan Deskriptif). Yogyakarta: Karyono.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto, M. (2013). Pemberdayaan Masyarakat. Dalam Membentuk Pola Perilaku Manusia Pembangunan. Disunting oleh Ida Yustina dan Adjat Sudrajat. Bogor: IPB Press.

Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Jakarta: Alfabeta.

Sumadi, S. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Wibowo, T. (2017). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Diterbitkan

2023-06-30

Cara Mengutip

Refriyadi, R. (2023). Survey Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMP Negeri 2 Pendopo Barat: Survey of Students’ Interest in Participating in Physical Education, Sports and Health at SMP Negeri 2 Pendopo Barat. JURNAL OLAHRAGA PAPUA, 5(1), 9–17. https://doi.org/10.31957/jop.v5i1.3948

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check