Survei Sarana dan Prasarana PENJAS terhadap Hasil Belajar PENJAS SMK Handayani Makassar

Penulis

  • Sitti Rabiah Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Nurliani Nurliani Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Poppy Elisano Arfanda Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Muhammad Sadzali Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Syahruddin Syahruddin Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31957/jop.v6i01.3970

Kata Kunci:

Sarana Prasarana, Hasil Belajar, Pendidikan Jasmani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kondisi sarana dan prasarana penjas SMK Handayani Makassar tahun ajaran 2018/2019, (2) Untuk mengetahui sarana dan prasarana penjas terhadap hasil belajar penjas siswa Smk Handayani MAKASSAR. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah sarana dan prasarana penjas  dan semua siswa Smk handayani makassar.  Sampel penelitian terdiri dari sarana dan prasarana penjas dan nilai raport siswa kelas XI jurusan teknologi komunikasi dan jaringan (TKJ) yang berjumlah 30 siswa. (1).Sarana dan prasarana berpengaruh positif terhadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa SMK 1 Handayani Makassar, besarnya pengaruh dapat dilihat dari koefisien regresi yaitu sebesar 0,506 kali terhadap peningkatan hasil belajar penjas karena faktor sarana prasarana.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ansar, C. S., & Sahruni, A. Y. (2022). Survey Tingkat Pemahaman Guru Pgsd Dikjas Terhadap Penilaian Otentik. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(2), 184-187.

Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Bumi aksara.

Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & Cs, A. (2023). Peran pendidikan jasmani dalam pengembangan motorik kasar pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 2538-2546.

Guntoro, T. S., Ansar, C. S., & Nasruddin, N. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT VIDEO PENDUKUNG PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI INSHOT DAN VN BAGI GURU OLAHRAGA DI MGMP KOTA JAYAPURA. Journal of Community Empowerment, 1(2), 75-81.

Guntoro, T. S., Wandik, Y., Sutoro, S., Kristyandaru, A., Kamaruddin, I., Mashud, M., ... & Putra, M. F. P. (2024). Online Lectures for Sports and Non-Sports Study Program Students: Interrelation of Attitudes, Involvement, Satisfaction, Happiness, and Learning Achievement. Retos: nuevas tendencias en educación física, deporte y recreación, (57), 371-378.

Kamaruddin, I., Hasanuddin, I., Maulana, A., Ansar, C. S., Imawati, V., Rozi, F., ... & Haris, A. (2022). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Get Press.

Nopiyanto, Y. E., Pujianto, D., Phambudi, K. B., Raibowo, S., Kardi, I. S., Ansar, C. S., & Wibowo, C. (2024). Meningkatkan Minat Berolahraga Melalui Sosialisasi Permainan Sepak Takraw di SD Negeri 106 Kota Bengkulu. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 8(1), 226-233.

Sugiyono, P. D. (2010). Metode Peneliian. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Wibowo, F. C., Salampessy, M., Sriwahyuni, E., Sitopu, J. W., Ansar, C. S., Syapitri, H., ... & Nababan, D. (2023). TEKNIK ANALISIS DATA PENELITIAN: Univariat, Bivariat dan Multivariat. Get Press Indonesia.

Womsiwor, D., Ansar, C. S., Nurhidayah, D., Hasan, B., Nasruddin, N., & Syam, M. S. (2023). Pelatihan Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga SMA 3 Sentani, Kabupaten Jayapura. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 131-140.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Diterbitkan

2024-06-25

Cara Mengutip

Rabiah, S., Nurliani, N., Elisano Arfanda, P., Sadzali, M., & Syahruddin, S. (2024). Survei Sarana dan Prasarana PENJAS terhadap Hasil Belajar PENJAS SMK Handayani Makassar. JURNAL OLAHRAGA PAPUA, 6(01), 64–77. https://doi.org/10.31957/jop.v6i01.3970

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check