ANALISIS PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH PSAP NO. 01 PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN LAMONGAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.52062/keuda.v8i1.2744

Abstract

Setiap pemerintah daerah memiliki kewajiban dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan pemerintah daerah, tak terkecuali Pemerintah Daerah Kota Lamongan. Hal ini sebagai bentuk pertanggungjawaban publik Pemerintah Daerah Kota Lamongan. Dalam laporan keuangan pemerintah daerah tersebut dapat diketahui posisi keuangan dari suatu pemerintah daerah. Laporan keuangan yang disusun harus berdasarkan standar yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian laporan keuangan yang telah disusun oleh pemerintah daerah kota Lamongan dengan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah (PSAP) No. 01. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analitis komparatif. Penelitian ini memberikan hasil bahwa Laporan Keuangan yang disusun oleh Pemerintah Daerah Kota Lamongan telah sesuai dengan PSAP No.01

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, R., Utami, H. N., & Ruhana, I. (2015). Pengaruh pelatihan terhadap kompetensi dan kinerja karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Volume, 27(2).

Anton, F. X. (2010). Menuju teori stewardship manajemen. Majalah Ilmiah Informatika, 1(2).

Bastian, I. (2010). Akuntansi Sektor Publik. Erlangga.

Fitriani. (2019). PENERAPAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH NOMOR 01 TENTANG PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN BANGGAI. Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset), 2(1), 112–125.

Halim, A. (2008). Auditing (Dasar-dasar audit laporan keuangan). UUP STIM.

Handri Raharjo, S. H. (2018). Sistem Hukum Indonesia: Ketentuan-ketentuan Hukum Indonesia dan Hubungannya dengan Hukum Internasional. Media Pressindo.

Harahap, S. S. (2008). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kema, I. (2013). Penyajian laporan keuangan daerah berdasarkan standar akuntansi pemerintahan pada pemerintah kota manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Nenabu, J. C. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Transparansi Informasi Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Kota Dan Kabupaten Se-Indonesia).

Niu, F. A. L., Karamoy, H., & Tangkuman, S. (2014). Analisis Penerapan Pp. No. 71 Tahun 2010 Dalam Penyajian Laporan Keuangan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kota Kotamobagu. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(4).

Peraturan Bupati Lamongan No. 90 Tahun 2016.

Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun tentang Standar Akuntansi Pemerintah

Rachmat. (2010). Akuntansi Pemerintah. CV Pustaka Setia.

Rahmadani, F. (2018). Analisis Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan (PSAP) No. 01 tentang laporan keuangan pemerintahan pada Pemerintah Kota Subulussalam. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

Shofia, T. R., Mutmainah, S., & Nikmatuniayah, N. (2020). ANALISIS PENERAPAN PSAP NO. 1 TENTANG PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN PADA UPTD PUSKESMAS GUNUNG PATI SEMARANG. Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS), 3(2), 89–101.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Wirawan, K. E., Bagia, I. W., & Susila, G. P. A. J. (2019). Pengaruh tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 60–67.

Downloads

Published

2023-04-18

Issue

Section

Articles