Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Pasca Pandemi Covid 19 Pada SMP Di Kabupaten Sorong
DOI:
https://doi.org/10.31957/jop.v5i2.3956Keywords:
Tingkat Kebugaran Jasmani, Pasca PandemiAbstract
Kebugaran jasmani seseorang sangat mempengaruhu kemampuan fisik dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Semakin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang, maka semakin tinggi juga kualitas kinerja fisiknya. Terkait dengan kebugaran jasmani peserta didik tingkat SMP pasca pandemic covid-19 di kabupaten sorong. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani peserta didik SMP di Distrik Aimas pasca pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitia ini adalah Sekolah SMP yang ada di Aimas dengan jumlah populasi 1814 dan jumlah sampel sebanyak 100. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistic deskriptif dengan penyajian menggunakan persentase. Hasil penelitian tes kebugaran jasmani terdapat 23 peserta didik yang masuk dalam kategori sedang (23%), 69 peserta didik pada kategori kurang (69%) dan 8 peserta didik yang masuk dalam kategori kurang sekali (8%). Berdasarkan persentase dari hasil Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani Peserta didik Kelas VIII SMP yang ada di Distrik Aimas berada pada kategori kurang.
Downloads
References
Fahrizqi, E. B., Mahfud, I., Yuliandra, R., & Gumantan, A. (2020). Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Olaharaga Selama New Normal Pandemi Covid-19. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(2), 53-62.
Girsang, W. S. (2019). Pengaruh budaya organisasi dan komitmen terhadap kinerja karyawan RS Putri Hijau No. 17 Medan. AJIE (Asian Journal of innovation and Entrepreneurship), 159-170.
Guntoro, T. S., Wandik, Y., Sutoro, S., Kristyandaru, A., Kamaruddin, I., Mashud, M., ... & Putra, M. F. P. (2024). Online Lectures for Sports and Non-Sports Study Program Students: Interrelation of Attitudes, Involvement, Satisfaction, Happiness, and Learning Achievement. Retos: nuevas tendencias en educación física, deporte y recreación, (57), 371-378.
Lengkana S Anggi, Muthar Tatang (2022). Pembelajaran Kebugaran Jasmani. Bandung: CV SALAM INSAN MULIA
Lia Cristina (2022). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMA Negeri 2 Kota Tasikmalaya Pasca Pandemi. Skripsi. Tasikmalaya: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tasikmalaya.
Mustafa, P. S., Gusdiyanto, H., Victoria, A., Masgumelar, N. K., & Lestariningsih, N. D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan olahraga. Insight Mediatama.
Nabila, J. (2023). Status Gizi Siswa Di Madrasah Ulumul Quran Pidie Sebagai Referensi Mata Kuliah Gizi Dan Kesehatan (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Nurjaya, D. R. (2012). Pembinaan Atlet Jangka Panjang Cabor Rowing. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 4(2), 108-123.
PRATAMA, Y. (2021). DESKRIPSI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA-SISWI MASA PANDEMI COVID-19 DI SD SE-KECAMATAN RAJABASA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Cetakan ke-17. Bandung: Alfabeta.
Sutoro, S., Guntoro, T. S., Sinaga, E., Putra, M. F. P., Hidayat, R. R., Sinaga, E., & Ansar, C. S. (2024). Edukasi Gizi Pencegahan Dan Penanganan Anemia Pada Atlet Muda Wanita Di Papua. MENGABDI: Jurnal Hasil Kegiatan Bersama Masyarakat, 2(1), 163-173.
Wibowo, F. C., Salampessy, M., Sriwahyuni, E., Sitopu, J. W., Ansar, C. S., Syapitri, H., ... & Nababan, D. (2023). TEKNIK ANALISIS DATA PENELITIAN: Univariat, Bivariat dan Multivariat. Get Press Indonesia.
Womsiwor, D., Ansar, C. S., Nurhidayah, D., Hasan, B., Nasruddin, N., & Syam, M. S. (2023). Pelatihan Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga SMA 3 Sentani, Kabupaten Jayapura. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 131-140.